Hidup Bahagia
Setiap manusia di Planet Bumi ini tentunya ingin menggapai hidup bahagia namun, hal itu selalu jadi misteri.(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Setiap manusia di Planet Bumi ini tentunya ingin menggapai hidup bahagia namun bagi hal itu selalu jadi misteri.

Tak sedikit manusia modern yang  berusaha menggapai hidup bahagia  lewat berbagai pola gaya hidup,  malah menjadi depresi. Yup gaya hidup yang tidak seimbang membuat kebahagiaan semakin sulit diraih.

Lantas apakah ada gaya hidup yang dapat membuat seseorang bisa merasa hidup bahagia? Ada kok! Simak ulasanya berikut ini.

BACA JUGA: Bukan Keluarga atau Kesehatan, Berikut Hal yang Membuat Pria Bahagia

Mengenal Self-Role Integration

Jika kamu sudah mencoba berbagai hal untuk merasa gagal untuk menggapai hidup bahagia sepertinya kamu patut untuk mencoba gaya hidup yang berbeda.

Yup, sejumlah pakar dan peneliti di bidang psikologi telah menciptakan istilah untuk gaya hidup yang disebut self-role integration.

Lewat penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychology menemukan bahwa orang-orang dengan self-role integration yang tinggi cenderung menjalani kehidupan lebih bahagia dan lebih mudah berbagi dengan sesamanya.

Secara umum, self-role integration mungkin dapat diartikan sebagai kehidupan di mana seseorang menyadari pentingnya memandang diri sendiri secara konsisten. Orang seperti ini akan sangat menyadari perannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mereka menjalani kehidupan sesuai kata hati, mengerti bahwa setiap orang punya perannya masing-masing dan tak perlu ada yang dipaksakan untuk bisa mengisi setiap bagian dari masyarakat.

Hal ini bisa digambarkan misalnya, orang kreatif yang dipaksa bekerja dalam lingkungan yang serba membatasi, maka ia dalam keadaan tertekan dan bisa dikategorikan memiliki integrasi peran-diri yang rendah.

BACA JUGA: Rahasia Manajemen Waktu yang Bikin Hidupmu Bahagia

Keseimbangan Hidup Kunci Hidup Bahagia

Selain itu, orang yang mencoba hidup dengan keselarasan dan keseimbangan dalam segala aspek dalam hidup juga cenderung lebih bahagia.

Semuanya dijalankan dengan takaran yang pas, tidak ada yang berlebih maupun kekurangan. Jadi hidup pun senantiasa berimbang.

Intinya, menyadari peran kita sebagai manusia dan apa saja yang menjadi keinginan terbesar di dalam hidup akan lebih memudahkan kita untuk mencapai hidup  bahagia.

Saat kamu terlampau sibuk dan mengalami tingkat stres cukup tinggi setelah bekerja, cobalah untuk mematikan seluruh alat komunikasi elektronik dan fokus pada hal-hal yang dapat membuatmu merasa bahagia.

BACA JUGA: Lima Cara untuk Mencapai Kebahagiaan Sejati

Ciptakan Lingkungan yang Nyaman

Nah, salah satu cara untuk mendapatkan hidup bahagia adalah bisa berada di lingkungan yang membuat kamu nyaman. Ini tandanya kamu perlu mengevaluasi  seperti apa lingkungan tempat kamu berada.

Berada di tempat atau lingkungan yang tidak nyaman akan menguras energi positif yang kamu miliki. Hal itu akan berdampak pada energi yang mudah terserap sehingga kamu akan merasa mudah lelah dan stres.

Maka, ciptakan satu lingkungan atau tempat yang bisa membuat kamu nyaman untuk tempat kamu menenangkan diri saat sedang penat.

Gimana kamu tertarik untuk menerapkan self-role integration untuk mendapatkan hidup bahagia? (Sbg/Rig)

Comments