Terapi Sapi
(Sumber Foto: YouTube)

Sabigaju.com – Berbagai bentuk terapi hewan sebenarnya telah banyak dicoba dalam rangka membantu kesehatan mental manusia. Nah saat ini ada tren terbaru yaitu terapi sapi.

Yup, salah satu manfaat dari hobi memelihara hewan adalah hal tersebut bisa mendatangkan manfaat kesehatan mental bagi si empunya hewan.

Nah, kali ini Sabigaju mau mengulas tren terapi sapi yang kini sedang naik daun. Simak yah

BACA JUGA: Pertimbangkan Lima Hal ini Sebelum Memelihara Hewan 

Raih Kesehatan Mental Lewat Terapi Sapi

Terapi sapi ini digunakan untuk menghadirkan sensasi menenangkan dan mengurangi stres seseorang.

Salah satu tempat yang menjadi sorotan lantaran menyediakan jasa ini adalah disebuah peternakan terpencil di Mountain Horse Farm, wilayah Finger Lakes, negara bagian New York Amerika Serikat (AS).

(Foto: Instagram mountainhorsefarm)

Untuk mengikuti terapi sapi, setiap tamu diharuskan membayar 75 dolar AS atau sekitar Rp 1 juta selama 60 menit untuk bisa bermain dan berpelukan bersama dua ekor sapi yang menggemaskan bernama Bella yang berusia tiga tahun dan Bonnie. 

BACA JUGA: Sifat dan Kepribadian Para Cowok yang Hobi memelihara Hewan 

Terapi sapi dilakukan dengan memeluk sapi,sambil melakukan interaksi melalui menyikat, membelai, atau mengobrol dengan sapi yang berbaring secara spontan di rumput sambil mengunyah makanan mereka, memungkinkan manusia untuk menjadi lebih dekat dan pribadi dengan bergabung di tanah dan menawarkan pelukan hangat.

Uniknya tidak semua sapi bisa dimanfaatkan untuk terapi bagi manusia. Sapi untuk terapi ini biasanya bukan hewan produksi dan tidak dipelihara untuk diperah susunya ataupun disembelih agar diperoleh dagingnya.

 

BACA JUGA: Fakta yang Bikin Cewek Takluk sama Cowok Pemilik Anjing

Rehabilitasi Narapidana

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mental, terapi sapi juga bisa digunakan sebagai proses menghilangkan sisi kriminal dari seorang narapidana.

Hal ini dilakukan di India dimana para narapidana akan direhabilitasi dari kehidupan kriminalnya dengan ‘terapi sapi’ itu. Terlebih, dalam agama Hindu di India sapi merupakan hewan yang disucikan.

“Sapi merupakan bagian dari agama Hindu, dan mereka memiliki kekuatan magis bagi mereka yang bagi mereka yang merawatnya.

Nantinya para napi akan menjual kotoran dan air seni sapi dari petenakan yang ada di penjara ke pasar lokal. Untuk air seni, sebagian orang di India percaya bahwa air seni sapi adalah obat ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

BACA JUGA: Bukan Cuma Kesenangan, Memelihara Burung Kicau Bagus Buat Investasi 

Banyak orang percaya, dan sebagian sudah terbukti kebenarannya, bahwa air kencing sapi adalah obat mujarab dari segala jenis penyakit mulai dari artritis dan asma hingga kanker dan diabetes.

Sementara kotoran sapinya, akan dijual dan dimanfaatkan sebagai biogas. Biogas tentu sangat dibutuhkan sebagai sumber energi alternatif khususnya bagi kehidupan di penjara dan sebagian hasil penjualannya akan digunakan untuk membeli rumput untuk makan sapi di peternakan.

Diharapkan, setelah menjalani terapi sapi ini, para tahanan akan dijauhkan dari perilaku kriminal di masa yang akan datang. (Sbg/Rig)

Comments