Kereta Bandara  saat melakukan ujicoba beberapa waktu lalu.(Foto Instagram kabandara)

Warga Jakarta sebentar lagi dapat menikmati fasilitas kereta bandara yang akan memudahkan menghantar penumpang menuju ke Bandara Soekarno Hatta.

Nantinya dengan kereta penumpang akan sampai di stasiun yang berada di dalam area Bandara Soekrno Hatta kurang lebih 55 menit saja.

Adapaun rute Kereta Bandara akan dimulai dari Stasiun Utama Manggarai, yang melewati beberapa stasiun yakni Sudirman Baru, Duri, Batu Ceper (Tangerang) dan Bandara Soekarno Hatta.

Uji Coba Kereta Bandara

Pemerintah menetapkan tarif Kereta Bandara Soekarno-Hatta sebesar Rp 30 ribu per penumpang hingga akhir tahun 2017. Tarif kereta yang yang akan mulai beroperasi 1 Desember mendatang tersebut ditetapkan karena masih dalam masa harga promo. Penetapan tersebut sebagai upaya sosialisasi penggunaan transportasi publik yang baru kepada masyarakat.

Nantinya, per tanggal 1 Januari 2018 tarif kereta akan kembali normal yakni Rp 100 ribu per penumpang.

Kereta Bandara yang bakal beroperasi di Jakarta saat uji coba. (Foto: Instagram pradityasia01)

PT Railink telah menyiapkan 10 rangkaian KA Bandara Soekarno-Hatta dengan 82 perjalanan dan kapasitas 33 ribu penumpang setiap harinya. Satu rangkaian terdiri dari enam kereta yang mampu mengangkut 272 penumpang.

Jadwal kereta pertama berangkat dari Stasiun Sudirman Baru pukul 03.21 WIB dan sampai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 04.18 WIB, sedangkan untuk perjalanan terakhir pada pukul 22.51 WIB di Stasiun Sudirman Baru dan sampai di Bandara Soetta pukul 23.48 WIB.

Rentang waktu kedatangan kereta, yaitu setiap 30 menit sekali, sedangkan waktu tempuh diperkirakan 45 menit dari Sudirman Baru sampai Bandara Soetta.

Mewah Kereta Bandara

Gerbong kereta Bandara memiliki interiorlayaknya kelas eksekutif. Bangku yang disediakan untuk dua orang dan seluruhnya menghadap ke depan, hanya bagian tengah saling berhadapan.Dipastikan tidak akan ada penumpang yang berdiri saat menaiki kereta ini.

Interior dalam Kereta Bandara (Foto Twitter @KemenBUMN)
Interior dalam Kereta Bandara (Foto Twitter @KemenBUMN)

Bantalan kursi berwarna dasar abu-abu mengikuti bentuk badan manusia dan untuk kemiringannya dapat diatur oleh penumpang. Sandaran tangan berwarna kuning juga dapat dinaikkan atau diturunkan sesuai selera.

Di antara bangku penumpang tersebut juga terdapat tempat pengisi daya ponsel atau charging port USB. Jarak antarbangku di depannya juga berukuran lebar sekitar 50 cm. Disetiap gerbong juga difasilitasi empat layar televisi LED yang masing-masing dua di bagian depan dan belakang gerbong.

Terdapat USB port di setiap tempat duduk penumpang kereta bandara.(Foto Instagram kabandara)
Terdapat USB port di setiap tempat duduk penumpang kereta bandara.(Foto Instagram kabandara)

 

Kereta Bandara juga menyediakan toilet yang terpisah antara laki-laki dan perempuan yang berlokasi di setiap masuk gerbong. Sedangkan untuk barang bawaan penumpang, Basoetta juga menyediakan dua bagasi khusus di bagian belakang setiap gerbong yang saling berhadapan.

Untuk pemesanan tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta, dapat dilakukan dengan sistem dengan nama Airport Railways Ticketing System (ARTS). Sistem transaksi tiket dilakukan secara non-tunai melalui aplikasi, pemesanan daring (internet booking) dan mesin penjualan (vending machine).

Saat ini untuk pembelian melalui vending machine telah disiapkan di masing- masing stasiun. Namun, untuk mobile aplikasi dan internet booking akan dirilis pada hari peresmian Kereta Bandara Soekarno-Hatta di bulan Januari 2018.  (Sbg/Rig)

Comments