Sabigaju.com – Meski Kurang populer Jam Tangan buatan Rusia ternyata  berkualitas tinggi yang tidak kalah dengan merek-merek dari Swiss atau Jepang.

Kamu yang selama ini  berpikir bahwa jam tangan berkualitas tinggi adalah merek-merek dari Swiss atau Jepang bakal terperangah saat mengetahui sejumlah jam tangan buatan Rusia punya kualitas dan desain yang ciamik.

Berikut adalah beberapa merek jam tangan Rusia dengan desain dan kualitas canggih rekomendasi dari Albatros Trip yang bisa menjadi pertimbangan untuk kamu miliki

BACA JUGA: Mengapa Pria Perlu Mengenakan Jam Tangan? Cek Sejarahnya

1. Sturmanskie

Bangsa Rusia pertama kali mengeksplorasi luar angkasa pada 12 April 1961 ketika astronot Uni Soviet, Yuri Gagarin mengorbit dari bumi selama 1 jam dan 48 menit.

Di pergelangan tangannya, dia mengenakan jam tangan buatan Rusia merek Sturmanskie yang sengaja didesain untuk keperluan eksplorasi luar angkasa.

Jam Tangan Buatan Rusia
(Foto: Instagram.com/sturmanskie)

Untuk dapat menjelajah luar angkasa maka diperlukan jam tangan yang memiliki kemampuan untuk menghadapi beberapa kondisi ekstrim seperti ketahanan terhadap gravitasi 0, getaran-getaran keras yang tidak terduga dan berbagai macam perubahan suhu yang tidak menentu.

Sturmanskie telah terbukti handal untuk keperluan eksplorasi luar angkasa. Jam tangan Buatan Rusia ini  juga canggih mengatasi keperluan penerbangan dan berlayar lantaran teknologi chronometer yang terus dikembangkannya.

Teknologi ini mulai banyak dipakai oleh pilot-pilot Perang Dunia II dan penyelam-penyelam Angkatan Laut Uni Soviet, sehingga menjadikan Sturmanskie sebagai salah satu pelopor jam yang menggunakan teknologi chronograph.

BACA JUGA: Ini yang Harus Kamu Lakukan Bila Hobi Mengoleksi Jam Tangan

2. Raketa

Raketa berarti roket luar angkasa dalam bahasa Rusia dan perusahaan yang didirikan pada tahun 1721 oleh Peter the Great ini dipandang sebagai salah satu produsen jam tangan tertua di dunia.

Pada awalnya Peter the Great membangun pabrik jam tangan ini untuk memproduksi jam tangan dengan menyematkan berbagai batu berharga seperti berlian, yang khusus diproduksi hanya untuk Kaisar dan keluarga Rusia.

Jam Tangan Buatan Rusia
(Foto: Instagram.com/raketawatches)

Seiring dengan perkembangan zaman, Raketa mengembangkan produksinya untuk keperluan militer setelah pecahnya Perang Patriot 1812.

Raketa kemudian berkembang menjadi salah satu supplier jam tangan untuk anggota-anggota Partai Komunis pada era Uni Soviet, hingga berbagai keperluan event-event olahraga bergengsi seperti Olimpiade Musim Dingin 2014 lalu.

Sejak awal, produk-produk dari Raketa dapat dikatakan unik dan inovatif. Sebagai contoh,  Raketa mengaplikasikan penunjuk angka 24 jam sebagai instrumen penunjuk waktu pada jam tangan analog.

Jam Tangan Buatan Rusia
(Foto: Instagram.com/raketawatches)

Raketa juga merupakan salah satu produsen jam tangan yang mempelopori sistem dua waktu pada jam tangan.

Fitur ini dinilai sebagai terobosan baru pada masanya karena berguna bagi seseorang yang sering traveling melintasi berbagai zona waktu yang berbeda.

Nah kamu juga bisa lho gaes mengetahui bagaimana proses pembuatan produk mereka  dengan mengunjungi pabrik jam tangan buatan Rusia ini.

BACA JUGA: Jangan Ketipu Jam Tangan Palsu, Gini Cara Bedainnya 

3. Vostok

Vostok mulai diproduksi pada tahun 1942 ketika Perang Dunia II untuk mendukung keperluan jam tangan militer Uni Soviet.

Ketangguhan jam tangan buatan Rusia ini benar-benar teruji pada Perang Dunia II silam.  Hal itu pula yang membuat Vostok sebagai salah satu supplier jam tangan untuk keperluan para prajurit Uni Soviet.

Jam Tangan Buatan Rusia
(Foto: Instagram.com/vostok.europe.lt)

Beberapa model terkenal dari Vostok diantaranya adalah model Amphibia diving watch, yang secara khusus didesain untuk keperluan menyelam.

Jam tangan buatan Rusia ini diklaim dapat menahan tekanan hingga 200 meter dibawah laut, sehingga cocok dipergunakan bagi anda yang hobi menyelam.

Selain model Amphibia, model Komandirskie atau Commander juga terkenal karena dipergunakan oleh pimpinan-pimpinan militer Uni Soviet selama beberapa dekade.

Jam Tangan Buatan Rusia
(Foto: Instagram.com/vostok.europe.lt) 

Vostok tidak hanya terkenal karena daya tahannya, keakuratan dan desain yang keren, lho. Tetapi juga menjadi incaran para kolektor jam manca negara karena harganya yang relatif terjangkau.

Lantas mana nih jam tangan buatan Rusia yang kamu minati untuk dikoleksi? (Sbg/Mhr/Rig)

Comments