Sabigaju.com – Memiliki barang branded biasanya akan memiliki kebanggaan tersendiri. Namun untuk membeli sebuah barang branded, anda harus benar benar teliti, terlebih jika Anda melakukan pembelian barang dengan jalan online. Harga barang branded yang mahal tentu membuat para pembeli percaya kalau barang yang dijual itu asli dan original. Banyak orang yang menabung cukup lama hanya untuk membeli barang idaman yang bikin kepincut. Naasnya banyak orang yang belakangan tertipu saat belanja online karena barang yang kita dapat ternyata abal-abal alias KW3 modeon.

Belum lama ini penipuan berkedok penawaran barang baru dan bekas branded secara online terus meningkat. Bahkan kehebohan terjadi hingga di jagat selebritas, yakni pedangdut Zaskia Gotik mengadukan kerugian yang dideritanya sekitar 300 juta karena tertipu oleh salah satu penjual barang-barang bekas merk branded yang dikenalnya melalui social media.

Modus yang dilakukan penipu asal Indonesia yang kini tinggal di Singapura itu menurut Gotik dengan menawarkan bentuk pembayaran dengan cara mencicil. Selain itu pihak penjual juga menunjukan bukti-bukti pelanggan dari kalangan artis dan sosialita lainnya. Sontak tawaran itu langsung disambut kekasih Ryan ini. Gotik percaya karena sebelumnya juga sudah meminta saran kepada teman sesama artis lainnya seperti Ayu Dewi, tapi nahas setelah cicilan lunas dan barang sudah ditangan, ternyata tas branded seharga ratusan juta itu ternyata KW 2 alias palsu.
Sontak Gotik pun berang. Berkali-kali Gotik menghubungi pihak penjual berkali-kali pula ia hanya mendapatkan jawaban semu.

Janji-janji hingga tiga bulan berlalu tak kunjung dipenuhi, akhirnya Gotik pun melaporkan kejadiaan tersebut ke pihak kepolisian.

Gotik rupanya tak sendirian terpedaya tipu muslihat barang branded KW 2, sebelum Gotik pesinetron Bunga Zainal juga sudah tertipu ratusan juta karena tergiur barang branded murah dengan cara pembayaran cicilan.

Gotik baru tersadar saat mengetahui tas branded jinjingannya palsu dari sahabatnya Julia Perez alias Jupe. Bahkan Gotik baru tahu jika Bunga Zainal juga ikut tertipu penjual online yang sama.
"Eneng taunya barang itu palsu justru dari ka Jupe, dan ternyata Bunga Zainal juga sama kaya aku ketipu,” keluh pemilik goyang Itik tersebut saat ditemui tim Sabigaju beberapa waktu lalu.

Menilik apa yang terjadi pada zaskia Gotik, memang kecanggihan internet saat ini memudahkan segalanya hingga orang yang memiliki hobi berbelanja menjadi mudah cepat dan bisa dilakukan di manapun. Namun diikuti pula oleh risiko tinggi, jika transaksi dilakukan dalam nominal besar.
Nah untuk menghindari tipu muslihat penjual barang-barang branded sabigaju mau sedikit bagi tips untuk kamu semua :

1.Perhatian Track Record Penjual Online dan sebelum anda memulai berbelanja online, anda harus mencari tahu, anda bisa googling terlebih dahulu dimanakah website jual-beli yang terpercaya dan mencari informasi juga mengenai orang-orang yang pernah berbelanja di website tersebut.

2.Jika memiliki uang yang cukup lebih baik berburu langsung barang branded sehingga tahu mana yang asli dan bukan. Jangan mudah tergiur dengan harga yang terlalu murah. Pastikan anda bertanya dan meminta detail gambar produk branded. Sebab gak mungkin seorang penjual dengan ikhlas dan tulus menjual barang branded nya terlalu murah.

3.Kalau anda ingin membeli sebuah produk branded, sebaiknya anda browsing dulu mengenai produk yang ingin anda beli. Ajaklah teman yang sudah berpengalaman jika membeli barang branded, karena ciri-ciri keaslian barang branded sekilas tampak sama dengan yang KW 2.

4.Mintalah sertifkat sebagai garansi jika kelak tidak sesuai spek yang tertera

5.Lakukan dengan jalan Cash On Demand kalau sudah terjadi kecocokan harga dan produk sesuai selera ajukan saja tranksaksi secara langsung di suatu tempat antara pembeli dan penjual. Cara ini merupakan cara paling aman agar gak ketipu kalau berbelanja online.

6. Ajukan Rekening bersama ini juga salah satu jasa sebagai perantara pembeli dan penjual. Jadi dengan adanya rekber, tindak penipuan bisa diminimalisir. Karena dengan adanya rekber, uang yang ditransfer akan ditahan oleh pihak rekber, sehingga gak langsung sampai ke penjual.

7. Simpan Bukti Pembayaran, Email dan SMS, hal ini di mulai sejak anda menyapa pedagang online, bertanya tentang produk, meminta detail produk, menawar harga, deal harga, sampai bukti transfer. Ribet?? Ya engak lah kan anda lakukan semua itu di depan komputer atau sambil tiduran dan megang hp .

Hal sedetail itu itu dilakukan agar jika terjadi sesuatu yang gak diinginkan alias diri mu tertipu , maka Anda bisa memberikan bukti tersebut kepada pihak kepolisian untuk menangani masalah tersebut. Oke Selamat berbelanja.(sbg/ink) .

Comments