Penggunaan Smartphone
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Penggunaan smartphone telah merevolusi cara kita hidup, memberikan kita akses instan untuk melakukan ide-ide kerajinan kreatif, panduan cara, pembaruan sosial atau hal lain yang menarik bagi kita.

Namun, para ilmuwan telah banyak yang mengemukakan bahwa  ada banyak risiko yang tidak diinginkan terhadap kesehatan terkait dengan penggunaan smartphone.

Nahi, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengendalikan penggunaan smartphone.

 Smartphone terhadap Postur Tubuh

Dalam sebuah laporan studi biomekanik beberapa waktu lalu, terungkap bahwa penggunaan smartphone dalam waktu yang lama dimana kemiringan kepala yang terus-menerus ke depan mungkin telah menyebabkan beberapa orang memiliki tonjolan seperti tanduk di bagian belakang tengkorak mereka,

Postur tubuh mu adalah hal  penting, jadi berhati-hatilah saat menatap layar smartphone. Jika tengah menggunakan smartphone sebaiknya kamu, mengangkat kepala, angkat telepon ke mata untuk memastikan tubuh tetap dalam posisi yang lebih sehat.

Hal ini bisa membantumu menghindari tekanan pada tulang-tulang tertentu di leher dan punggungmu.

BACA JUGA: Resah Smartphone Nggak Aktif, Waspada Nomophobia

Nggak perlu Terobsesi  untuk Selalu Update Status

Selalu update status di Media sosial lewat penggunaan smartphone dengan durasi yang terlalu sering, dapat membuatmu  terisolasi secara sosial.

Terlebih jika kamu mulai membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Hal negatif ini dapat  meningkatkan kecemasan pikiran.

Ini bukan berarti kamu  sampai harus menutup akun media  media sosial sama sekali

Sebab ada banyak hal baik yang bisa didapat darinya, terutama jika Anda ingin terhubung dengan keluarga dan teman yang mungkin jauh.

Gunakan media sosial sewajarnya Ingat koneksi ke manusia lain alias koneksi kehidupan nyata yang membuat kehidupan sosial kita sehat bukan koneksi digital.

BACA JUGA: Wajib! Tiga Aplikasi Supercool yang Mesti Ada di Smartphone Para Pria 

Lindungi Indera Penglihatan

Di antara layar yang cerah dan teks kecil saat menggunakan smartphone, ada banyak ketegangan yang terjadi di area mata.

Jika kamu terlalu sering menggunakannya hal itu bisa menimbulkan risiko tinggi munculnya masalah penglihatan.

Pokoknya jika kamu sering menggunakan smartphone, mulailah memeriksakan mata  ke klinik atau rumah sakit terdekat yah gaes.

BACA JUGA: Astaga, Ternyata Bakteri di Smartphone Lebih Banyak dari Toilet 

Jauhkan Smartphone dari Tempat Tidur

Banyak orang yang punya kebiasaan menghabiskan sejenak waktu sebelum tertidur dengan kebiasaan mengutak-atik smartphone,

Umumnya penggunaan smartphone ini dianggap sebagai cara menenangkan pikiran sebelum tidur.  Padahal hal tersebut sangat keliru.

Cahaya dari layar smartphone mengacaukan otak, merangsangnya untuk tetap terjaga, yang membuatnya semakin sulit untuk tidur.

Maka, menjauhkan smartphone dari tempat tidur adalah hal yang baik dan perlu.

Tetapi bagaimana jika  penggunaan smartphone dilakukan untuk jam alarm?

Tegasnya, gunakan jam alarm kuno untuk membangunkanmu  di pagi hari. Hal ini juga dapat membantumu kebiasaan utak-atik smartphone  di tempat tidur.

Jangan biarkan penggunaan smartphone malah mengontrol hidupmu  Buatlah pengendalian untuk meningkatkan kualitas hidupmu. (Sbg/Rig)

Comments