perilaku whelming kini marak terjadi saat kencan daring
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Di masa Pandemi Covid saat ini kencan daring menjadi yang banyak digunakan untuk berkencan. Namun, menemukan pasangan itu rumit, karena orang-orang yang menggunakan situs web kencan tidak dapat bertemu langsung karena peraturan jarak fisik.

Sayangnya meski kencan daring banyak diminati, ada perilaku yang mengganggu yang kerap dilakukan oleh pengguna.

Mulanya muncul fen tomena ghosting, breadcrumbing, dan lainnya, kini muncul perilaku menyebalkan yang kini banyak dilakukan pengguna yang disebut dengan istilah whelming.

Seperti apakah perilaku whelming ini Simak ulasannya.

BACA JUGA: Karena Cinta Bisa Jadi Candu, Maka Secukupnya Aja Gaes!

Sok Kecakepan, Sok Laris Pula

Perilaku Whelming menggambarkan kebiasaan untuk berpura-pura disukai banyak orang demi menggoda seseorang yang menjadi incarannya.

Selain menyebalkan, Whelming digambarkan sebagai perilaku kencan yang melelahkan. Istilah ini mulai dipopulerkan oleh seorang jurnalis bernama, Patia Braithwaite.

Whelming adalah ketika seseorang mengeluhkan banyaknya orang-orang yang berusaha menarik perhatiannya dengan niatan untuk menggoda,” tulis Braithwaite.

Dalam dunia kencan daring, tentu banyak cara untuk menarik perhatian orang. Tapi, menurut Braithwaite, sesumbar berlagak laku tak menjadi cara terbaik untuk menarik perhatian orang.

BACA JUGA: Kencan Kekinian Banyak Bikin Kecewa Anak Zaman Now 

Dalam praktik Whelming, seseorang bisa saja tiba-tiba terlihat lesu di depan calon pasangan potensial dan berkata bahwa dirinya sedang kewalahan menanggapi berbagai pesan yang masuk untuknya.

“Saya sangat kewalahan dengan semua pesan yang masuk ini. Begitu banyak orang yang harus dipilih, namun begitu sedikit waktu yang ada,” tulis Braithwaite menggambarkan perilaku Whelming dalam dunia kencan daring.

Dengan kata lain, perilaku whelming menjadi cara halus bagi seseorang untuk memamerkan betapa menariknya dia di depan banyak orang.

BACA JUGA:  Coba Tujuh Hal Ini Agar Rencana Kencan Online Kamu Sukses

Prilaku Manipulatif

“Pada kenyataannya,perilaku whelming saat kencn daring adalah tindakan memanipulasi seseorang yang membuat seseorang terlihat begitu diinginkan oleh orang lain,” ujar psikolog Clarissa Silva.

Satu-satunya orang yang benar-benar mendapatkan manfaat dari perilaku ini adalah orang yang melakukan manipulasi. Manipulasi, lanjut Silva, dapat membantu menjaga ego mereka.

Whelming menjadi bentuk semacaam validasi kesombongan yang dilakukan seseorang saat kencan secara daring berlangsung.  Hal ini akan lebih memudahkan seseorang untuk melakukan manipulasi secara emosional.

“Alasan untuk perilaku menyebalkan terbaru ini adalah untuk membuat seseorang terlihat lebih menarik dari yang sebenarnya,” ujar Silva.

Menjadi sangat diinginkan oleh lebih dari satu orang membuat mereka terlihat memiliki nilai lebih. Tapi buat apa hal itu jika dilakukan atas dasar kebohongan. Apalagi jika sampai ketahuan. mau taruh dimana  ini muka? Duh malunya.

Sepertinya nggak perlu deh menerapkan perilaku whelming alias  so kecakepan saat kencan daring! Setuju gaes?  (Sbg/Rig)

Comments