Banyak restoran cepat saji yang menggunakan warna merah dalam logonya salah satunya adalah KFC. (Foto: Pixabay)
Banyak restoran cepat saji yang menggunakan warna merah dalam logonya salah satunya adalah KFC. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Seringkali ketika kita asyik menikmati perjalanan, tiba-tiba perut kita keroncongan yang menandakan kalau sedang lapar.

Di tengah situasi tersebut ada perasaan senang menghinggapi hati kita tatkala logo dengan nuansa merah di restoran cepat saji depan mata.

Lantas, timbul pertanyaan apakah warna merah dari restoran berkaitan dengan rasa lapar? Nah, kali ini sabigaju mau membahas hal tersebut. Berikut ulasannya, Sob!

Kenapa Gunakan Warna Merah?

Jika kamu perhatikan sebagian besar perusahaan yang bergerak di bidang kuliner cepat saji memilih merah sebagai warna dominan pada logo mereka.

Lihat saja mulai dari McDonald’s, KFC, Pizza Hut, Burger King, hingga restoran cepat saji lainnya dengan merek terkenal menggunakan merah sebagai unsur utama dalam logo mereka.

Hal ini tentunya memiliki alasan tertentu dibalik pemilihan warna tersebut. Berdasarkan psikologi warna, merah termasuk warna yang paling mencolok di mata. Selain itu merah bisa dimanfaatkan untuk membangkitkan nafsu makan.

Warna merah juga merupakan warna dasar. Warna ini terbaik untuk menstimulasi pembelian. Dengan sifatnya yang terang dan agresif, warna merah menjadi simbol determinasi, ambisi serta kepemimpinan.

Warna Merah dalam Bisnis Kuliner Ceopat Saji

Nah dalam dunia bisnis, warna merah sering dikaitkan sebagai warna untuk menarik pelanggan. Beberapa perusahaan makanan ataupun restoran besar menggunakan warna dominan merah, hal ini bertujuan untuk mencari pelanggan yang potensial.

Hal ini diamini oleh Karen Haller, seorang ahli dalam bidang psikologi warna terapan, diyakininya kalau merah itu memiliki efek psikologis pada pelanggan.

“Perasaan, suasana hati dari kombinasi warna ini sangat cocok untuk target pasar mereka,” tulis Karen dalam blognya.

Dengan menggunakan warna tersebut, secara psikologis pelanggan akan berkeinginan besar untuk mencoba makanan yang akan ditawarkan.

Karena itulah merah umum dipilih sebagai warna logo. Namun, salah satu aspek yang harus diperhatikan adalah bagaimana agar penggunaan warna merah tidak berlebihan.

So, menentukan pilihan warna untuk brand kamu tidak bisa asal, lho. Meskipun terlihat sepele, ternyata warna memiliki andil yang sangat vital untuk kemajuan bisnismu, Sob. (Sbg/Rig)

Comments