Sabigaju.com – Mungkin masih banyak yang belum mengetahui, kenapa penyihir kerap diidentikkan dengan sapu terbang. Ternyata hasil penelusuran Sabigaju, ada beberapa penyebabnya. Salah satunya adalah sejarah tentang penyihir itu sendiri.

Ada beberapa versi cerita tentang penyihir yang diidentikkan dengan sapu terbang. Ada cerita yang menyebutkan, kisah penyihir dan sapu terbang berasal dari cerita misteri di negeri Eropa. Saat itu banyak para penyihir yang menjadikan alat praktisnya untuk terbang dari hal yang mudah dilihatnya, sapu.

Kesibukan para penyihir, menurut cerita tersebut, membuat mereka harus cepat berpergian. Sebenarnya bukan sapu yang bisa membuat penyihir itu terbang, melainkan kekuatan dari penyihir itu sendiri.

Versi yang lain menyebutkan, penyihir dan sapu terbang justru berasal dari tanah Arab. Para penyihir menjadikan jin sebagai pelayan mereka. Nah, penyihir-penyihir tersebut berada di negeri mereka di pagi hari, kemudian siang hari ikut wukuf bersama jamaah haji di Padang Arafah.

Nah, untuk memuluskan para penyihir itu berperan sebagai perusak akidah manusia, setan kemudian menjadikan sapu sebagai pengantar mereka agar bisa bergerak dengan cepat. Tentu, semakin cepat penyihir itu bergerak cepat, semakin banyak pula kemungkinan manusia yang tergoda untuk menggunakan jasa penyihir.

Terlepas dari cerita itu semua, ada baiknya memang tidak mempercayai penyihir ya. Lebih baik percaya dengan usaha dan doa yang telah dilakukan. Benar apa betul? (Sbg/nia)

Comments