Makan sayur

Sabigaju.com – Apa kamu salah satu yang masih saja tidak doyan makan sayur? Tapi kamu pasti tahu kan, sayur adalah salah satu asupan penting mengingat sayur mengandung banyak sayur dan mineral.

Alasannya beragam. Orang-orang berpenghasilan rendah biasanya tak ada akses untuk mengonsumsi sayur. Sebagian lainnya mengatakan bahwa sayur adalah makanan yang mudah rusak walau disimpan di lemari es.

BACA JUGA: Menyantap Makanan yang Sama Setiap Hari, Berbahaya Gaes

Mengapa Orang banyak yang tidak Suka Sayur

Hasil penelitian yang diterbitkan University at Buffalo, New York mengungkapkan  bahwa seseorang yang tidak menyukai sayur ternyata berawal dari protein yang ditemukan dalam air liur. Protein-protein ini memengaruhi indera perasa, bahkan komposisi makanan.

Air liur sendiri merupakan cairan kompleks yang mengandung sekitar 1.000 protein spesifik. Seluruh makanan yang kita makan akan dilarutkan dalam air liur sebelum berinteraksi dengan sel-sel reseptor rasa.

Semua protein dalam air liur faktanya dapat mempengaruhi stimulans sebelum makanan itu dicicip. Salah satunya ketika kamu merasakan sayuran yang pahit.

“Apa yang Anda makan menciptakan tanda dalam proteome salivary, dan protein-protein itu memodulasi indera perasa,” kata Ann-Marie Torregrossa dari Univerity at Buffalo.

BACA JUGA: Gaes, Kamu Harus Hentikan Kebiasaan Sarapan Roti 

“Kami telah membuktikan dalam penelitian sebelumnya kepada tikus, bahwa dengan mengubah makanan Anda, maka juga akan mengubah protein yang ada dalam air liur . Bukan hanya itu, ternyata protein dalam air liur akan mengubah caramu merasakan suatu makanan,” lanjutnya.

Dia menambahkan, “Jika kita dapat meyakinkan orang untuk memakan brokoli atau sayuran hijau dan makanan pahit, mereka harus tahu bahwa dengan makan berulang kali, maka akan terasa lebih enak.”

Kalau kamu mau doyan, tapi belum bisa juga, coba deh trik yang diambil sabigaju dari situs dari Huffington Post ini.

BACA JUGA: Kenikmatan Mematikan dalam Minuman Bersoda

Berawal dari niat

Kamu harus menetapkan hati untuk mau makan sayur. Percayalah tubuh dan otakmu akan beradaptasi. Kamu harus yakin bahwa sayur memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Manipulasi otak dengan deskripsi yang baik

Kamu juga bisa menyiasati deskripsi yang baik saat hendak makan sayur.

Misal dengan mengatakan bahwa wortel adalah sayuran berwarna cerah yang renyah dan manis. Katakan itu berkali- kali dalam hati.

BACA JUGA: Menemukan Rasa Bahagia Lewat Makanan

Bereksperimen dengan resep

Kalau kamu memang tak suka dengan rasanya, kamu bisa mencoba berbagai resep agar olahan makanan tersebut bisa terasa enak. Aroma pada sayuran juga bisa ditutupi dengan berbagai rempah.

Gampang banget kan, caranya supaya kamu jadi doyan makan sayur? Sayur memang makanan penting buat tubuh supaya tubuh segar dan tak kekurangan nutrisi. Jadi, tunggu apalagi? (Sbg/Dinda)

Comments