Lapar saat tengah malam
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Di masa pandemi yang belum kuga tak sedikit cowok yang menghabiskan waktu untuk menonton televisi dan bekerja hingga larut. Kondisi ini bisa memicu rasa lapar saat tengah malam yang tak terbendung.

Di luar itu, banyak jug nih cowok-cowok yang sering tiba-tiba terbangun di malam hari  karena merasa lapar saat tengah malam.

Ternyata hal ini ada sebabnya. Yuk simak ulasannya berikut ini:

BACA JUGA: Marah Antara Lapar dan Bikin Badan Kegemukan 

Pengaruh Pola Tidur yang Buruk dan Hormon

Seseorang yang merasa lapar di tengah malam, ternyata memiliki beberapa alasannya tersendiri. Mulai dari pola tidur yang berantakan hingga dorongan hormon dalam tubuh.

Pola tidur yang buruk ternyata menempati posisi pertama mengapa orang terbangun di malam hari untuk mencari makanan. Fenomena ini bahkan diteliti khusus oleh peneliti Erin Hanlon dari University of Chicago.

Menurut penelitian ini, kurangnya jam tidur, sampai gangguan tidur lainnya merupakan salah satu faktor mengapa orang-orang tergerak untuk makan di dini hari.

Selain itu kebanyakan orang-orang yang punya pola tidur tidak teratur cenderung ngidam makanan yang gurih dan berlemak, seperti junk food hingga makanan lainnya di malam hari. Sehingga para peneliti menyarankan agar orang-orang mulai memperbaiki pola tidur mereka.

BACA JUGA: Gaes, Jangan Mengambil Keputusan Saat Perut Lapar 

Masalah Hormon

Penyebabnya lainn yang bisa memicu orang megalami lapar saat tengah malam juga bisa dipicu oleh hormon di dalam tubuh yang mendorong orang untuk makan

Ada dua hormon yang dikaitkan dengan rasa lapar seseorang. Yaitu ada hormon leptin dan ghrelin. Leptin sendiri merupakan hormon yang menekan nafsu makan serta membantu tubuh untuk mengurangi berat badan.

Sementara hormon ghrelin justru mendorong orang untuk lebih banyak makan. Tentu saja jika hormon ghrelin dalam tubuh tinggi, nafsu makan pun meningkat sehingga berakibat pada kenaikan berat badan.

Menurut beberapa peneliti, meningkatnya hormon ini bisa juga dikaitkan dengan kurangnya waktu tidur seseorang. Tapi waktu tidur sendiri bukan satu-satunya alasan mengapa hormon ini bisa meningkat.

BACA JUGA: After Sex Dilanda Rasa Lapar? Hajar Deh Empat Kuliner Ini 

Jangan Makan Terlalu Kenyang

Nah,kKetika kamu merasa lapar saat tengah malam adalah usahakan untuk tidak makan sesuatu yang membuatmu terlalu kenyang.

Kamu bisa mengonsumsi makanan yang terbuat dari gandum utuh. Beberapa alternatif atau pilihan yang bisa kamu pilih, antara lain oatmeal, sereal, atau roti gandum.

Maka ada baiknya untuk memiliki stok buah segar di dalam kulkas seperti buah apel yang bisa menjadi pengganjal perut ketika merasa lapar saat tengah malam.

Kamu juga bisa minum segelas susu hangat rendah kalori tapi jangan ditambahkan gula yah gaes.. Selain vitamin D dan kalsium yang bisa menguatkan tulang , susu yang rendah kalori dan lemak juga mengandung asam amino yang membantumu tidur lebih nyenyak di malam hari.

Nah semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kamu yang belakangan in kerap diserang rasa lapar saat tengah malam. (Sbg/Rig)

Comments