Gangguan Mental
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Gangguan mental merupakan tantangan yang sangat utama bagi setiap orang. Tekanan sendiri bisa berasal dari pekerjaan, masalah keluarga, tanggung jawab keluarga dan masih banyak lainnya.

Penanganan yang tepat seperti pencegahan dan upaya berkonsultasi dengan psikolog/ ahli terkait tentu sangat dibutuhkan untuk menanggulangi gangguan mental yang terjadi.

Berikut ini adalah tanda-tanda mental illness yang rentan dialami para pria.

BACA JUGA: Menyorot Kondisi Mental Illness yang Dialami Joker

Obsessive Compulsive Disorder (OCD)

Salah satu gangguan mental yang rentan menyerang pria adalah Obsessive Compulsive Disorder (OCD).

Gangguan ini ditandai dengan adanya keinginan untuk menjadi sempurna. Biasanya sering terjadi suatu keinginan yang terus terjadi secara berulang-ulang.

Gangguan ini akan semakin parah jika disertai dengan stress dan banyak pikiran. Inilah sebabnya pria akan lebih mudah terserang OCD jika dibandingkan dengan wanita.

Pria cenderung memiliki tingkat stress yang lebih tinggi di lingkungannya jika dibandingkan dengan wanita.

Skizofrenia

Jenis mental illness selanjutnya yang tidak kalah rentan terkena pada pria adalah Skizofrenia. Gangguan ini dapat menyebabkan pria terkena halusinasi.

Gangguan ini menyebabkan pria akan sulit membedakan pikirannya sendiri dengan realita yang sebenarnya terjadi. Hal ini membuat pikirannya menjadi sangat kacau.

Gangguan kesehatan ini terlihat dengan tanda-tanda berupa sulitnya memfokuskan pikiran dan bicara yang tidak teratur. Selain itu, beberapa orang juga terkena paranoid karenanya.

BACA JUGA: Awas Gangguan Mental Bisa Picu Penyakit Kulit Kronis

Gangguan Emosi

Selain OCD dan Skizofrenia, pria juga rentan terkena mental illness berupa gangguan emosi. Hal ini bisa jadi karena tekanan dan tanggung jawab yang juga berat sebelah.

Ciri-ciri gangguan emosi ini adalah nafsu makan yang berkurang, kurang bisa fokus serta sangat mudah merasa lelah.

Ketika depresi sudah sangat parah, tidak sedikit pria yang berusaha mengakhiri hidupnya karena merasa hidupnya sangat tidak berharga.

BACA JUGA: Fantasi Seksual Bisa Jadi Gambaran Kepribadian Seseorang

Gangguan Kepribadian

Gangguan mental yang mungkin juga mendera adalah gangguan kepribadian. Gangguan ini termasuk dalam gangguan yang cukup ekstrim.

Gangguan ini biasanya menyebabkan penderitanya menjadi orang yang anti sosial dan tidak ingin bergaul.

Selain itu, biasanya penderita gangguan kepribadian juga akan merasakan paranoid yang berlebihan.

Semoga informasi ini bisa membantumu mengenali tanda-tanda gangguan mental. (Sbg/Vania)

Comments