Ilustrasi Meningitis
(Foto: Instagram)

Sabigaju.com – Banyak orang yang bertanya tentang penyakit meningitis yang merengut nyawa dari penyanyi Glenn Fredly pada Rabu (8/6/2020) lalu.

Penyakit meningitis atau radang selaput otak adalah pembengkakan atau peradangan pada selaput di sekitar sumsum tulang belakang dan otak. Penyakit ini bisa disebabkan oleh bakteri,  jamur, parasit, atau bahkan cedera.

Ada lima jenis penyakit meningitis yang perlu kamu ketahui

BACA JUGA: Cara Menenangkan Otak Agar Panjang Kita Umur

1. Meningitis Jamur

Penyakit meningitis ini biasanya disebabkan oleh infeksi jamur yang disebut Cryptococcus dan merupakan jenis penyakit radang selaput otak yang langka.

Infeksi meningitis karena jamur tersebut kemungkinan besar menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, tetapi jenis meningitis ini tidak menular.

2. Meningitis Parasit

Jenis penyakit meningitis ini disebabkan oleh parasit, biasanya sangat langka terjadi, tetapi cukup berbahaya karena dapat mengancam jiwa.

Penyebab meningitis parasit adalah infeksi amuba mikroskopis, Naegleria fowleri. Parasit tersebut dapat memasuki tubuh melalui hidung, biasanya dijumpai di danau dan sungai yang terkontaminasi. Jenis meningitis ini juga tidak menular.

BACA JUGA: 5 Hal Simpel yang Bisa Memperburuk Kesehatan Otak Kita 

3. Meningitis Non-infeksi

Umumnya, orang yang menderita meningitis ini bukan karena infeksi jamur, bakteri, maupun virus.

Radang selaput otak yang terjadi berkembang sebagai akibat dari cedera kepala atau operasi otak. Dapat juga disebabkan oleh obat-obatan tertentu, lupus, atau kanker, sehingga meningitis non-infeksi tidak menular.

4. Meningitis Virus

Ini adalah jenis penyakit radang selaput otak yang paling umum, tetapi biasanya tidak mengancam jiwa. Enterovirus yang menyebabkan meningitis dapat menyebar melalui kontak langsung, seperti dari air liur, lendir hidung, atau feses.

Virus meningitis ini juga mudah menyebar lewat batuk dan bersin. Kontak langsung atau tidak langsung dengan orang yang terinfeksi dapat meningkatkan risiko terkena virus yang sama.

Sementara saat terinfeksi virus, kamu tidak mungkin mengembangkan meningitis sebagai komplikasi.

Arbovirus yang menyebabkan meningitis ini dapat ditularkan melalui serangga, seperti nyamuk dan kutu.

Infeksi paling mungkin dapat terjadi pada musim panas dan awal musim gugur.

BACA JUGA: Aktivitas Keren Buat Melatih Ketajaman dan Kemampuan Otak

5. Meningitis Bakteri

Ini merupakan penyakit meningitis yang sangat serius dan dapat mengancam jiwa. Hal ini disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria meningitidis atau Streptococcus pneumoniae, dan keduanya menular.

Bakteri meningokokus tidak bertahan lama di luar tubuh inangnya, jadi kemungkinan tidak akan tertular dari orang yang berada di dekatmu.

Bagaimana mencegah meningitis?

Agar tidak terjangkit, kamu harus mempertahankan gaya hidup sehat, terutama jika kamu berisiko tinggi, adalah penting. Ini termasuk:

– Mendapatkan jumlah istirahat yang cukup

– Tidak merokok

– Menghindari kontak dengan orang sakit

– Vaksinasi juga dapat melindungi terhadap jenis meningitis tertentu.

– Jika kamu telah melakukan kontak dekat dengan satu atau lebih orang yang memiliki infeksi meningokokus bakteri, dokter dapat memberimu antibiotik pencegahan. Ini akan mengurangi resiko terkena penyakit ini.

Mempraktikkan kebersihan pribadi dengan baik juga dapat membantumu  mencegah meningitis.

Lantaran ada jenis penyakit meningitis yang bisa menyebar melalui kontak dekat lewat cairan tubuh orang yang terinfeksi, seperti air liur dan sekresi hidung.

So, mulai sekarang hindari berbagi minuman, peralatan, dan barang-barang pribadi yang dapat membawa air liur atau cairan lain.

Nah semoga informasi ini membantu kamu dalam mengantisipasi penyakit meningitis.. (Sbg/Rig)

Comments