Perawatan dengan masker kulit wajah. (Foto: arabiaweddings.com)

Sabigaju.com – Tak sedikit warganet yang meninggalkan pertanyaan pada kolom komentar postingan beauty influencer tentang masker apa yang cocok untuk kulit wajah mereka. Padahal jawaban sebenarnya yang benar-benar tahu justru diri sendiri.

Untuk tahu masker wajah apa yang cocok, pertama-tama kita harus mengenali jenis kulit terlebih dulu. Setelah itu, sesuaikan dengan jenis masker wajah yang kamu pilih. Nah, berikut ini beberapa jenis masker wajah dan fungsinya yang wajib kamu tahu. Simak selengkapnya, yuk!

Clay Mask

Salah satu masker wajah yang belakangan ini hype adalah clay mask. Tapi, tahukah kamu kalau masker wajah ini termasuk yang disarankan hanya dipakai sekali dalam satu minggu. Soalnya, clay mask memiliki sifat drying skin agent. Jenis masker wajah ini punya kemampuan yang baik untuk menyerap minyak berlebih pada kulit sehingga Sobat Sabi yang memiliki kulit berminya kemungkinan besar akan cocok menggunakan clay mask. Selain untuk menyerap minyak, clay mask juga memiliki kemampuan mengangkat kotoran dan debu, sel kulit mati, dan memberikan efek kencang di kulit.

Cara penggunaannya adalah dengan diaplikasikan menggunakan jari atau kuas ke seluruh wajah. Masker wajah ini butuh waktu sedikit lama untuk mengering. Namun, jangan tunggu sampai benar-benar kering baru membersihkannya. Disarankan untuk segera membersihkan masker di wajah setelah clay mask mengering, tetapi tidak sampai overdry.

Mud Mask

BACA JUGA: Ilvie Rahmi: Laki Itu yang Penting Merawat Diri

Banyak orang yang menganggap mud mask dan clay mask sama. Padahal keduanya jelas berbeda. Mud mask termasuk skin healing agent yang berfungsi untuk memperlancar sirkuasi peredaran darah pada kulit dan tentu saja mengangkat kotoran di wajah dengan memberikan efek menyegarkan dan melembabkan kulit. Masker wajah ini juga bermanfaat mencerahkan kulit dan membuatnya menjadi lebih lembut. Oleh karena itu, mud mask disebut bisa memperbaiki jaringan kulit hingga meningkatkan elastisitasnya. Karena mud mask merupakan jenis masker water based dan memberi efek melembabkan, maka masker ini cenderung cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering.

Untuk penggunaannya sendiri kamu bisa memakainya 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Cukup aplikasikan dengan jari atau kuas dan diamkan sekitar 20 menit. Setelah itu, cuci wajah dengan air hangat dan washcloth untuk mengangkat sisa mud mask di wajah dengan maksimal. Kemudian cuci wajah dengan air dingin agar pori-pori kembali merapat.

Sleeping Mask

View this post on Instagram

긴 #꿀연휴, 딱 2배로 돌아온 #연휴후유증. (#월요별 은 덤이요~😱) 이 무지막지한 것들 얼굴에만큼은 남길 수 없지! #워슬마 야, 오늘 밤 내 #숙면피부 를 부탁해! – A long sweet break and a greater aftereffect. (monday blues) But don’t let it affect your face! #WaterSleepingMask will help you through the night~ – #워슬마가밤새토닥토닥 #꿀수면.💤 #내일아침#맑아진#숙면피부도기대해 #촉촉투명#생기있는피부 #비결은#슬리핑케어 – #WSM #WaterSleepingPack#SleepingCare #SleepingBeauty #Kbeauty #BestItem #LANEIGE #SparklingBeauty #워터슬리핑마스크 #슬리핑뷰티 #라네즈 #매력북

A post shared by 라네즈 l Sparkle My Way (@laneige_kr) on

Sesuai dengan namanya, sleeping mask merupakan masker yang bisa Sobat Sabi pakai selama tidur. Masker ini berfungsi menghidrasi dan menutrisi kulit pada saat kita beristirahat. Perawatan kulit di malam hari memiliki keunggulan tersendiri karena hasilnya jauh lebih maksimal. Sleeping mask ini cenderung cocok untuk semua jenis kulit. Namun, bagi Sobat Sabi yang memiliki masalah kulit berminyak kamu bisa menggunakannya sekitar 2 hingga 3 kali seminggu. Sementara untuk pemilik kulit kering cenderung bisa menggunakannya setiap hari.

Cara mengaplikasikan jenis masker wajah ini seperti menggunakan krim malam. Diaplikasikan setelah kita selesai menggunakan semua produk skincare di malam hari. Kemudian biarkan masker ini diserap oleh kulit hingga pagi hari. Selanjutnya cuci wajah seperti biasanya.

Sheet Mask

Masker yang berwujud seperti tissu basah dengan bentuk topeng ini memiliki manfaat menghidrasi dan menutrisi kulit dengan optimal. Jenis masker wajah ini beberapa tahun terakhir dipopulerkan oleh Korea Selatan dan telah menjadi favorit banyak orang. Selain itu, jenis masker wajah ini memang mudah digunakan.

Cara penggunaannya cukup gunakan seperti memakai topeng dan biarkan essence yang terkandung di dalamnya diserap kulit selama sekitar 20 menit. Sebaiknya jangan menunggu sampai masker tersebut kering karena tidak semua kulit cocok menggunakan masker ini dengan durasi lebih dari 20 menit. Sheet mask bisa digunakan sekitar 2 hingga 3 kali seminggu tergantung kondisi kulitmu. Bila kulitmu cukup berminyak, mungkin lebih baik menggunakannya seminggu sekali. Masker ini memiliki efek seketika melembabkan dan membuat kulit kenyal. Beberapa varian masker jenis ini malah memberi efek mencerahkan dan mengatasi wajah lelah.

Setelah tahu empat jenis masker wajah tersebut, Sobat Sabi bisa menentukan masker mana yang kira-kira paling tepat untuk jenis kulit wajahmu. (sbg/Erny)

Comments