Ilustrasiseseorang yang baru kena PHK PHK
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Belakangan ini, publik ramai membicarakan soal pemutusan hubungan kerja alias kena PHK massal.  Terlebih, beberapa perusahaan besar Indonesia sudah mulai mengurangi pegawainya.

Jika dulu banyak yang kena PHK massal terjadi pada masa Orde Baru karena krisis moneter, kini PHK terjadi karena adanya efisiensi dan teknologi.

Banyak perusahaan yang mulai beralih ke otomatisasi oleh robot ataupun komputer. Otomatisasi ini dianggap bisa memangkas biaya produksi, waktu dan tenaga.

Nah, kalau kamu baru baru ini kena PHK massal ini, harus bagaimana?

BACA JUGA: Depresi Pasca PHK Massal, Coba Atasi dengan Cara ini 

Persiapkan Mental

Saat kamu kena  PHK tentu tidak mudah. Biasanya seseorang kerap merasa putus asa. Tak apa sedih, asal tidak berlarut-larut.

Pikirkan bahwa ini bukan akhir segalanya. Berbagilah perasaan pada orang terdekat kemudian mulailah bangkit.

Siap mencari kerja lagi

Kamu harus percaya bahwa skill yang kamu punya masih dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Sementara kamu mencari kerja, cobalah untuk tetap bekerja freelance.

BACA JUGA: Jangan Stres Saat Menjalani Fase Sarjana Pengangguran 

Belajar bisnis

Nyatanya, bisnis bisa jadi solusi yang tepat untuk para orang yan kena PHK massal. Banyak kok, orang yang mulai berbisnis setelah kehilangan pekerjaannya.

Itu sebabnya, kamu juga harus belajar manajemen bisnis. Tak perlu sekolah lagi karena saat ini sudah banyak kok, panduan berbisnis dari buku, workshop, seminar dan komunitas.

Investasi

Memang sih, investasi adalah sesuatu yang punya risiko tinggi. Tapi kamu enggak perlu juga khawatir karena investasi punya prinsip high risk high return.

Artinya, kamu akan mendapat banyak keuntungan sekali kamu kamu beruntung. Asalkan pelajari produk investasi tersebut dan jangan sampai terjerat investasi bodong.

BACA JUGA: Haruskah Kamu Bercerita Jika Ingin Mencari Pekerjaan Baru?

Hemat dan menabung

Tak perlu menunggu kena  PHK massal, hemat dan menabung adalah hal mutlak untuk kamu. Ini demi masa depan kamu. Jadi, cobalah belajar menyisihkan sebagian pendapatan kamu.

Itu dia beberapa hal yang bisa jadi persiapan kamu jika suatu saat (ya amit-amit) kamu kena PHK massal. Sudah saatnya sih, kamu tak takut lagi menghadapi masa depan apapun itu. (Sbg/Dinda)

Comments