Fiersa Besari hobi mendaki gunung
(Foto: instagram.com/fiersabesari)

Sabigaju.com – Penyanyi Fiersa Besari kini tengah ramai menjadi perbincangan lantaran Badan Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) memasukkan namanya ke dalam daftar catatan hitam alias blacklist pendaki yang melanggar Standar Operasional Prosedur (SOP) pendakian.

Fiersa stay lebih lama dari yang diperbolehkan, yakni 2 hari. Tak hanya Fiersa Besari, BTNGR juga mencatat, tak kurang dari 1.906 pendaki Gunung Rinjani yang melakukan pelanggaran.

Pihak Balai Taman Nasional Gunung Rinjani sangat menyayangkan banyaknya jumlah pendaki yang tidak mengikuti aturan pendakian yang telah dikeluarkan yaitu pendakian diperbolehkan hanya 2 hari 1 malam.

Lantas apa yang dimaksude dengan Blacklist? Melalui sebuah unggahan di akun instagram Balai Taman Nasional Gunung Rinjani Blacklist sendiri berarti seorang pendaki tidak diperkenankan selama dua tahun.

Aturan itu bukan semata-mata dibuat tanpa alasan. Pandemi yang melanda dunia membuat KLHK menyusun aturan tersebut, berharap pendakian di Taman Nasional Indonesia tetap aman tanpa ada cluster baru.

BACA JUGA: Pesona Tiada Tara dari Gunung Gamalama di Maluku Utara 

Fiersa Meminta Maaf

Melalui video yang diunggah dalam IGTV di akun instagram pribadinya, Fiersa bersama tim pendakiannya telah meminta maaf. Fiersa mengaku dirinya overtime saat mendaki di Gunung Rinjani pada 11 Oktober 2020.

Diterangkannya dalam video yang diunggah Selasa (3/11) malam, Fiersa mengaku dirinya mengambil waktu pendakian selama empat hari selama berada di Gunung Rinjani dikarenakan cuaca buruk.

“Angin waktu itu cukup kencang. Sehingga kami tidak melanjutkan pendakian ke puncak. Saya memang salah. Padahal saya sudah booking untuk pendakian kedua. Karena overtime pada pendakian pertama. Jadi saya tetap diblacklist,” ucapnya.

Fiersa pun meminta maaf atas hukuman yang diberikan dirinya bersama tim pendakiannya.

“Saya minta maaf kepada semua pendaki. Hukuman yang menimpa saya ini tidak patut dicontoh. Saya siap dihujat atas hukuman ini,” tegasnya.

BACA JUGA: Menengok Keindahan Danau Tiga Warna di Puncak Gunung Kelimutu

Sudah Lama Hobi Naik Gunung

Mendaki gunung adalah kegemaran pelantun “Pelukku untuk Pelikmu” sejak masih duduk di bangku sekolah.

Menurut Fiersa, kegiatan ini selalu membuat hatinya tersentuh. Karena kecintaannya akan alam, sudah banyak pegunungandi Indonesia yang telah dia daki. Mulai dari gunung dengan track yang mudah hingga track pendakian yang sulit.

Fiersa Besari  hobi mendaki gunung
Sumber: youtube.com/Fiersa Besari)

Beberapa waktu lalu tepatnya pada bulan Januari 2020 Fiersa Besari bahkan menyatakan ingin beristirahat sejenak dari panggung tarik suara. Ia mengaku ingin menaklukkan 33 gunung yang ada di Indonesia.

“Saya punya program di mana saya ingin mendaki 33 gunung di 33 provinsi. Kenapa enggak 34? Karena bingung di Jakarta gunungnya apa. Ini cuma penginnya saya, punya rencana besar menyambangi 33 provinsi, termasuk di Kepulauan Riau,” ujar Fiersa dalam jumpa pers “Konser Menuju Istirahat” di Jakarta, Sabtu, 11 Januari 2020 lalu.

Semoga sanksi blacksit dari Taman Nasional Gunung Rinjani nggak jadi halangan yah buat Fiersa Besari mewujudkan niatannya untuk mendaki 33 Gunung di Indonesia.(Sbg/Rig)

Comments