Aktor laga legendaris Tanah Air Advent Bangun dikabarkan tengah terbaring di rumah sakit Fatmawati Jakarta Selatan. (Foto: Youtube)

Sabigaju.com – Aktor laga senior Advent Bangun kini tengah terbaring lemah di Rumah Sakit Fatmawati Jakarta Selatan. Advent Bangun dikabarkan mengidap gagal ginjal.

Dari media sosial sempat beredar foto aktor laga berusia 65 tahun itu terbaring di tempat tidur rumah sakit. Tubuh Advent Bangun pun terlihat kurus dan hidungnya dipasang selang nasogastrik tube (NGT).

Dalam foto yang telah beredar luas di berbagai media sosial tersebut dituliskan, aktor laga tahun 1980-an itu membutuhkan bantuan donor darah golongan O.

Lantas bagaimana Kondisi terkini dari aktor laga legendaris tanah air tersebut?

Jawaban Pihak Keluarga Soal Kondisi Advent Bangun

Advent Bangun

Istri dari Advent Bangun, Lois Riani Amalia Sinulingga kepada awak media pada Rabu (17/1) malam mengatakan sang suami sudah melewati masa itu.

Lois menambahkan bahwa foto dan pesan tersebut sebenarnya ditujukan untuk keluarga internal saja. Menurutnya, isi pesan yang menyatakan bahwa sang suami sedang membutuhkan donor tersebut tidak benar adanya.

“Kalau butuh darah nggak, transfusinya sudah berjalan dan sudah selesai juga dan kita nggak mau berbicara (ini),” kata sang istri di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut, sang istri pun menegaskan bahwa Advent Bangun melakukan prosedur cuci darah karena penyakit ginjal yang dideritanya. Ia menjelaskan, kebutuhan transfusi darah beberapa saat yang lalu terjadi lantaran kondisi Advent yang tiba-tiba drop karena kurang minum.

“Memang cuci darah karena gagal ginjal. Jadi bukan karena ada penyakit baru tapi gagal ginjal. Kemarin kurang minum jadi kondisinya kurang. Kalau enggak ditambah transfusi enggak bisa cuci darah,” tandasnya.

Lois menambahkan bila sang suami sudah melakukan cuci darah sejak tahun lalu.

“Sejak bulan April 2017 kan cuci darah, seminggu dua kali. Itu cuci darahnya ya, itu dimulai dari diabetes, ya sejak berhenti olahraga mungkin secara metabolisme dia kena,” tambah Lois

Lois juga menjelaskan bahwa kini Advent Bangun harus istirahat total di rumah sakit. Bahkan ia menambahkan, untuk menjaga kondisi badan, jam besuk untuk sang suami pun dibuat sangat ketat.

“Sudah bisa komunikasi cuma kan memang jam besuknya agak ketat, keluarga juga enggak jadi datang karena saya bilang enggak bisa masuk. Bapak sendiri kalau diajak ngobrol bisa,” pungkasnya.

Dulu Pendekar, Sekarang Pendeta

Di masa kejayaannya Advent Bangun seringkali menjadi rival yang imbang bagi Barry Prima di setiap film laga yang mereka mainkan. Advent lebih sering menjadi tokoh antagonis.

Film-filmnya diantaranya ada Si Buta Lawan Jaka Sembung (1983), Satria Bambu Kuning (1985), Bangkitnya Si Mata Malaikat (1988), Si Buta Dari Gua Hantu (1985), Malaikat Bayangan (1987), Siluman Kera (1988), Si Pahit Lidah dan Si Mata Empat (1989), Mat Pelor (1990), dan masih banyak lagi. Film terakhir yang dibintanginya adalah ‘Amrin Membolos’ pada 1996.

Advent Bangun berhenti melakukan semua aktivitasnya sebagai aktor baik di layar lebar maupun di layar kaca sejak tahun 2000.

Kini, ia adalah seorang pendeta, dengan nama barunya Pendeta Muda Thomas Bangun. Sejak menjadi pendeta, praktis keseharian Advent diisi dengan berbagai kegiatan kerohanian dan kerap berkotbah melayani jemaat di berbagai daerah di Tanah Air, bahkan hingga manca negara. (Sbg/Rig)

Comments