Tidur Tanpa Busana
Tidur tanpa busana ternyata bisa mendatangkan sejumlah manfaat bagi kesehatan manusia. (Foto: besthealthmag.ca)

Sabigaju.com – Sudah sejak lama manusia mengenakan busana menjadi rutinitas saat pergi keluar, tinggal di rumah, bekerja, dan pada dasarnya melakukan segalanya.

Terkadang beberapa orang lebih memilih untuk telanjang alias tidur tanpa busana. Namun, demikian banyak orang menganggapnya aneh.

Nah, ternyata ada beberapa manfaat bagi kesehatan yang bisa kamu dapat dengan tidur tanpa busana seperti dilansir laman curious mob berikut ini.

1. Kualitas Tidur jadi Lebih Baik

Ini adalah penjelasan ilmiah yang sangat sederhana, agar tertidur, tubuh kamu harus menjadi dingin. Dengan kata lain, suhu yang lebih dingin diperlukan agar tubuhmu tahu bahwa sudah waktunya untuk tidur.

Ketika kamu mengenakan pakaian, tubuhmu tetap hangat dan tambahkan selimut atau selimut dengan itu, kamu tetap lebih panas. Ini menghalangi tubuhmu jatuh tertidur dan membuatmu lebih gelisah di tempat tidur. Jadi jika kamu tidur telanjang, kamu bisa tidur lebih nyenyak dan dengan mudah.

2. Tubuh Bernafas

Setiap bagian dari tubuh kita dibangun dengan sel-sel aktif. Mereka membutuhkan udara untuk bernapas dan berfungsi dengan baik. Ketika kamu akan tidur dengan pakaian, tubuhmu tidak mendapatkan cukup udara meskipun ada aktivitas nol dari seluruh tubuh.

Namun, saat kamu tidur dengan pakaian dalam, kamu memberi bakteri dan ragi untuk tumbuh di dalam dan di sekitar tubuhmu.

Jadi, tidur tanpa busana akan membuat tubuhmu bernafas lebih leluasa.

3. Mengatasi Stres

Tidur tanpa busana sambil berpelukan dengan pasangan adalah cara terbaik untuk mengurangi tingkat stres. Sebab dapat membantumu menenangkan pikiran dan merasa lebih aman dan rileks.

Hal itu lantaran saat kita tidur dalam keadaan tanpa busana membantu mengurangi kortisol, meningkatkan hormon pertumbuhan dan keseimbangan melatonin, yang semuanya bekerja untuk mengurangi tingkat stres.

4. Tidur Tanpa Busana Mendekatkan Kamu dengan Pasangan

Menurut survei yang dilakukan terhadap lebih dari 1000 pasangan yang menikah di Inggris, terungkap bahwa pasangan yang tidur bersama telanjang jauh lebih bahagia dibandingkan dengan mereka yang tidur dengan pakaian.

Berdasarkan poin yang disebutkan di atas, tidak mengherankan bahwa para para pasangan yang tidur tanpa busana lebih puas dalam hubungan mereka karena mereka telah mengembangkan ikatan lebih banyak dengan tidur bersama-sama tanpa busana sehelaipun.

5. Tidur Tanpa Busana Membantu Penurunan Berat Badan

Walau terdengar aneh, tetapi, tidur telanjang memiliki sedikit kaitan dengan penurunan berat badan.

Jika kamu memiliki tidur malam yang buruk, maka kamu akan lebih sering stres. Saat tidur, hormon pertumbuhanmu akan meningkat dan kontrol hormon stres akan berkurang.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tidur telanjang membantumu tidur lebih nyenyak. Dan ketika tidur lebih nyenyak, tingkat stres akan lebih normal dan berat badanmu tidak akan bertambah hanya karena terlalu mengkhawatirkan hal-hal tertentu.

Nah, kalau sudah ada begitu banyak manfaat yang bisa di dapat, kamu mau memulai langkah tidur tanpa busana? (Sbg/Rig)

Comments