Memulihkan Stamina
Jika kamu merasa kelelahan usai menghabiskan waktu liburan lebaran Kamu dapat menyiapkan sejumlah makanan alami yang bisa memberikan manfaat memulihkan stamina (Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Tak sedikit orang yang kini menghabiskan waktu untuk beristirahat guna memulihkan stamina usai menghabiskan waktu liburan lebaran.

Yup, memulihkan stamina penting terlebih besok, tepatnya Hari Senin kita akan kembali beraktivitas baik untuk bekerja di kantor atau pun kuliah di kampus.

Nah menurut Keri Glassman, pendiri Nutritious Life, sebuah klinik gizi di New York mengatakan bahwa kunci menghilangkan kelelahan adalah dengan menghindari makanan yang bisa membuatmu lebih merasa lelah, dan wajah pun terlihat lebih segar, jauh dari kesan mengantuk.

Tinggalkan jauh-jauh berbagai makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan, gula, alkohol, gorengan, makanan asin, karbohidrat olahan, dan makanan kemasan.

Nah kali ini Sabigaju mau kasih informasi nih beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk membantu memulihkan stamina yang diperlukan guna menghadapi hari esok. Cek yah gaes!

BACA JUGA: Kesehatan Terancam, Bila Terlalu Banyak Menyantap Kuliner Sushi 

Ikan Salmon Membantu Memulihkan Stamina

Ikan salmon mengandung omega-3 yang sangat tinggi. Beberapa jenis ikan berminyak lainnya seperti salmon dan sarden memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi iritasi dan membuat kulit jadi halus, kulit terhidrasi, kata Glassman.

(Foto: Unsplash)

Kandungan omega-3 asam lemak dan proteinn yang tinggi dalam daging ikan Salmon diduga dapat meningkatkan memori, mengurangi depresi, membangkitkan energi alias memulihkan stamina serta bisa memperbaiki suasana hati.

BACA JUGA: Diet Pisang, Diet Kekinian untuk Turunkan Berat Badan 

Pisang

Pisang mengandung karbohidrat kompleks, protein, magnesium, dan asam amino yang mampu memberikan energi.

(Foto: Pexels)

Tak hanya itu saja, kombinasi dari potasium yang tinggi serta vitamin B pada pisan juga dapat membuat suasana hati lebih baik dan mengoptimalkan olahraga.

Dalam studi yang dilakukan oleh Appalachian State University beberapa waktu lalu, peneliti menyimpulkan bahwa pisang memiliki manfaat yang sama dengan minuman berenergi untuk olahraga.

BACA JUGA: Bayam dan 4 Makanan Lain yang Bikin Kamu Makin Pro di Ranjang! 

Bayam

(Foto: Pexels)

Mengandung zat besi, magnesium, dan potasium membuat bayam memiliki peranan penting untuk memproduksi energi untuk memulihkan stamina

Magnesium tidak hanya membantu meningkatkan energi tetapi juga membuat tubuh lebih relaks sehingga lebih mudah mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Mengonsumsi Bayam juga dapat mengendurkan otot yang kencang, kaki yang pegal, dan mata kedutan.

BACA JUGA: Mitos Keliru Seputar Gula yang Manis Rasanya

Madu

Madu dulunya dikonsumsi oleh para atlet di zaman Yunani kuno sebagai sumber energi terbesar karena kaya akan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan energi alias memulihkan stamina.

(Foto: Pexels)

Madu juga membantu mengatur kadar glikogen yang berfungsi untuk menghindari otot dan tubuh yang kelelahan. Konsumsi satu sendok teh madu yang dicampurkan dengan teh hangat. Minum pada pagi atau sore hari agar tubuh lebih berstamina.

BACA JUGA: Makan untuk Hidup Bikin Panjang Umur, Rahasia Diet Okinawa

Jamur

(Foto: Pexels)

Jamur kaya akan zat besi yang membantu mengatasi kelelahan serta memulihkan stamina karena memberikan oksigen ke dalam tubuh.

Campurkan jamur ke dalam salad atau sup untuk meningkatkan asupan nutrisi, dengan demikian kamu juga bisa memperoleh asupan vitamin D dan B12 agar tubuh lebih berenergi.

Comments