Minggu Kedua Desember
(Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Sejumlah peristiwa di Tanah air menjadi atensi publik dan netizen di berbagai lini media sosial pada Minggu kedua Desember 2019.

Mulai dari hebohnya publik dan netizen memperbincangkan soal pemecatan Dirut PT Garuda Indonesia Tbk Ari Askhara hingga ditangkapnya Penceramah Jafar Shodiq bin Sholeh Alattas,  karena menghina Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan sebutan ‘babi

Berikut selengkapnya sejumlah peristiwa yang menjadi atensi publik dan netizen di minggu pertama Bulan November 2019.

BACA JUGA: Sepeda Brompton, Idaman Para Sultan Kekinian

1. Dirut Garuda Dipecat

Peristiwa lain yang menjadi sorotan publik dan netizen juga tertuju pada langkah tegas Menteri BUMN Erick Thohir yang memecat Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Ari Askhara lantaran diduga terlibat dalam penyelundupan onderdil Harley Davidson dan sepeda Brompton melalui pesawat baru Indonesia Airbus A330-900 Neo.

Atas peristiwa ini Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan negara mengalami kerugian Rp 1,5 miliar..

Terbongkarnya penyelundupan Harley Davidson di Hangar 4 GMF Aeroasia memperlihatkan sisi kelam pengelolaan maskapai Garuda Indonesia.

Skandal yang dilakukan I Gusti Ngurah Askhara Dhanasiputra alias Ari Akshara serta sejumlah direktur di bawahnya menunjukkan tak adanya empati terhadap kondisi perusahaan.

Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (Ikagi) mengapresiasi sekaligus mendukung tindakan tegas Menteri BUMN Erick Thohir atas rencana penggantian pimpinan tersebut. Ari dianggap telah gagal mengelola memperbaiki pengelolaan perusahaan sejak dilantik pada September 2018.

Tak hanya itu, pemecatan ary ternyata juga disambut gembira berbagai pelaku wisata di tanah air. Kendati demikian, pelepasan jabatan Ari Askhara terlebih dahulu menunggu proses RUPS, karena Garuda merupakan salah satu perusahan terbuka.

BACA JUGA: Pendidikan dan Kesehatan Jadi Fokus Para Orang Kaya Kekinian

2. 10 Orang Terkaya di Indonesia

Salah satu topik perbincangan yang ramai dibahas Publik dan netizen di minggu kedua Bulan Desember 2019 da lah saat Forbes merilis daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2019 dari berbagai bidang, lengkap dengan angka kekayaan yang mereka miliki.

Daftar disusun menggunakan informasi kepemilikan saham dan keuangan yang diperoleh dari keluarga dan individu, bursa efek, laporan tahunan, dan analis. Peringkat tersebut mencantumkan kekayaan individu dan keluarga, termasuk yang dibagi di antara kerabat.

Perusahaan swasta dinilai berdasarkan perusahaan serupa yang diperdagangkan secara publik. Aset perusahaan publik dihitung berdasarkan harga saham dan nilai tukar pada 19 November 2019.

Adapun 10 orang terkaya di Indonesia versi Forbes adalah:

1. R. Budi & Michael Hartono; US$37,3 miliar
2. Widjaja family; US$ 9,6 miliar
3. Prajogo Pangestu; US$ 7,6 miliar
4. Susilo Wonowidjojo; US$ 6,6 miliar
5. Sri Prakash Lohia; US $5,6 miliar
6. Anthoni Salim; US$5,5 miliar
7. Tahir; US$4,8 miliar
8. Boenjamin Setiawan; US$ 4,35 miliar
9. Chairul Tanjung; US$ 3,6 miliar
10. Jogi Hendra Atmadja; US$ 3 miliar

BACA JUGA: Dibilang Haram, Ini Manfaat Keren dari Permainan Catur

3. UAS Cerai

Sorotan lain yang juga menjadi perbincangan publik dan netizen pada minggu kedua Bulan Desember 2019 adalah tertuju pada kabar perceraian y7ang terjadi antara Ustaz Abdul Somad (UAS) istrinya, Mellya Juniarti.

Urusan rumah tangga Ustaz Abdul Somad atau UAS memang jarang disorot. UAS dan Mellya Juniarti telah menikah sejak kurang lebih tujuh tahun lalu, tepatnya pada 20 Oktober 2012 dan telah dikaruniai satu anak laki-laki.

Menurut kuasa hukum UAS, Hasan Basri, permasalahan rumah tangga Ustaz Abdul Somad dan Mellya Juniarti terjadi jauh sebelum UAS kondang sebagai penceramah agama.

Usaha menyelamatkan pernikahan dengan berbagai cara syariat Islam sudah dilakukan Abdul Somad, namun tak membuahkan hasil.

BACA JUGA: Nih, Sederet Kebiasaan Beracun yang Kerap Dianggap Normal 

4. Polisi Ciduk Jafar Shodiq bin Sholeh Alattas

Sorotan publik dan netizen Tanah Air di Minggu Kedua Desember 2019 tertuju pada Penceramah Jafar Shodiq bin Sholeh Alattas, yang ditangkap polisi di kontrakannya di Kampung Tipar Tengah, Cimanggis, Depok, Jawa Barat karena menghina Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan sebutan ‘babi’, dalam salah satu ceramahnya yang viral di media sosial.

Polri menegaskan pihaknya telah melakukan proses hukum secara profesional di kasus ‘Habib’ Jafar Shodiq yang menghina Wapres Ma’ruf Amin. Polri membantah dituding melakukan kriminalisasi.

Sementara secara terpisah Wakil Presiden Ma’ruf Amin pun telah menanggapi mengenai video Habib Jafar yang viral tersebut.

Ia mengaku telah memaafkan dan tak ingin memproses ucapan itu ke pihak kepolisian.

Walaupun telah memaafkannya pihaknya menyebut video tersebut menarasikan sebuah ujaran kebencian serta permusuhan.

BACA JUGA: Mitos Keliru Odol: Dari Seks Hingga Tangani Gas Air Mata

5. Ledakan di Monas

Perhatian Publik dan netizen di minggu kedua Desember 2019 tertuju pada peristiwa ledakan yang terjadi di  di sisi utara Monas, sekitar 450 meter dari Istana Merdeka–kantor dan kediaman resmi Presiden Joko Widodo

Dua anggota TNI terluka akibat ledakan yang diduga bersumber dari granat asap di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, sekitar pukul 07:15 WIB, Selasa (03/12/2019).

Polri dan TNI belum bisa memastikan siapa pemilik dan awal mula keberadaan granat asap tersebut. Granat asap biasa digunakan untuk memberi sinyal, menandai target atau tempat mendarat, dan memantau pergerakan unit. (Sbg/Rig)

Comments