kegigihan
Sikap Kegigihan membuat kita tidak gampang menyerah. Hal itu diyakini banyak orang sebagai pangkal kesuksesan. (Foto: adameason.com)

Sabigaju.com – Salah satu sikap yang sering dikagumi dan ingin dimiliki oleh banyak orang adalah Sifat tidak gampang menyerah alias kegigihan.

Sikap Kegigihan membuat kita tidak gampang menyerah. Hal itu diyakini banyak orang sebagai pangkal kesuksesan.

Kegigihan membuat seseorang tetap bergerak maju atau bertahan apapun terjadi untuk mencapai tujuannya dengan mencoba mengatur kembali rencana, mencoba terus sampai tujuannya tercapai.

Namun sayangnya, tak banyak yang tahu kalau kegigihan juga punya sisi buruk. Dan kamu harus tahu, kesejahteraan diri lah korbannya. Berikut ulasannya.

BACA JUGA: Mengenal Karakter Pria Berdasarkan Olahraga yang Disukainya

Dampak Negatif dari Kegigihan

Menurut peneliti Carsten Wrosch dan Gregory Miller, anggapan sikap pantang menyerah sangat penting untuk meraih kesuksesan telah tertanam dalam setiap budaya. Sebagai anak-anak, banyak dari kita yang diberi nasihat, “Jangan pernah menyerah.”

Akibatnya, orang sering menyalahkan diri sendiri saat menyerah karena melihatnya sebagai tanda kegagalan dan kelemahan.

Sementara Adam Grant, psikolog dari Universitas Pennsylvania menjelaskan, sikap pantang menyerah bisa berakhir buruk ketika orang tidak tahu batasannya.

Menurut Grant, pantang menyerah bukan berarti kita harus terus menjalani hal yang kita tahu punya konsekuensi buruk, apalagi kalau tahu akan gagal.

Sebenarnya agar tidak menyerah terlalu dini, kamu perlu lihai melihat situasi. Ketahuilah kapan saatnya tidak mungkin lagi mewujudkan suatu tujuan, dan ketika suatu tujuan terasa tidak penting lagi.

Ditinjau dari sisi psikologi, kegigihan yang membebani mengacu pada membelenggu diri. Sementara menyerah, mengacu pada “pelepasan tujuan” alias membebaskan diri.

Dengan demikian orang bisa menemukan cara baru untuk mengejar tujuan hidup lain yang lebih bermakna, dan sebelumnya mungkin diabaikan.

BACA JUGA: Dear Cowok Kantoran, Nih, Rahasia untuk Mencapai Karier dan Kesuksesan

Jangan Malu Jika Harus Menyerah

Banyak penelitian telah membuktikan sikap pantang menyerah yang melampaui batas bisa berakibat buruk.

Kegigihan kelewat batas bisa berakibat buruk. Intinya, tidak gampang menyerah bisa sia-sia jika sampai mempertaruhkan kesejahteraan hidup. Atas alasan itu, menyerah bisa menjadi alternatif lebih baik dan sehat. (Sbg/Rig)

Comments