Kedengkian itu adalah sifat yang hina
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Salah satu sifat buruk adalah kedengkian. Sifat ini termasuk penyakit hati karena dapat mengarahkan manusia untuk berperilaku buruk.

Kedengkian merupakan dosa pertama yang dilakukan oleh manusia, seperti kisah anak Adam, Qabil yang dengki terhadap saudaranya Habil, karena kurban Habil diterima, sementara kurban Qabil ditolak. Ia dengki, dan akhirnya ia membunuh saudaranya sendiri (lihat QS. al-Maidah: 27-29).

BACA JUGA: Lakukan Kebaikan! Bukan Pamer Kebaikan

Kedengkian adalah perasaan cemburu dengan kelebihan atau nikmat yang terdapat pada orang lain, tetapi ingin nikmat itu ada pada dirinya tanpa usaha.

Orang yang diliputi rasa dengki cenderung membenci segala kebaikan yang diraih orang lain, meskipun sebelumnya tak ada permusuhan di antara mereka.

Singkatnya kedengkian itu senang melihat orang lain susah, dan susah melihat orang lain senang.

Betapa besar dampak sifat kedengkian pada diri seseorang. Sehingga kita dianjurkan memohon kepada Allah agar dijauhkan dari sifat ini.

BACA JUGA: Kesabaran itu Tidak Ada Batasnya, Tak Terhingga Manfaatnya

Kedengkian Bisa Merusak Tubuh

Dengki selain menggerogoti amal, juga merusak tubuh manusia. Memelihara sifat dengki hanya akan membebani dan memberatkan hidup. Karena hati dan pikiran menjadi tidak tenang, tersiksa, marah, dan benci kepada orang yang tidak disukai.

menurut penelitian Dr Shigeo Haruyama, pakar kesehatan holistik, dalam buku The Miracle of Endorphin, menceritakan bahwa orang yang memiliki sifat iri dan dengki maka otaknya akan mengeluarkan hormon racun nor-adrenalin.

Hormon ini ketika keluar berpotensi merusak jaringan tubuh. Hormon ini akan tumbuh subur dengan cepat ketika sifat iri dan dengki merasuki seseorang. Oleh karena itu, sifat iri dan dengki berpotensi merusak sel-sel tubuh seseorang.

Perasaan seperti ini hanya akan menggerogoti tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit fisik ringan sampai berat. Seperti stress, sakit perut, sakit kepala, darah tinggi, insomnia, bahkan maag dan sakit jantung.

BACA JUGA: Bersedekah itu Menguntungkan Tubuh dan Jiwamu 

Apakah kita bisa menyadarkan orang yang diliputi kedengkian? Jawabannya, sulit! Bukan hal mudah menyadarkan atau memberi nasihat kepada orang dengki sebab sifat ini seolah melekat pada jiwa dan raganya.

Lalu bagaimana cara menghadapi orang dengki? Tidak ada kata lain, jaga jarak atau hindari orang seperti itu!

Ingat yah gaes kedengkian itu hina dan merusak tubuh manusia. Mari kita menjauhinya. (Sbg/rRg)

Comments