Lebih Tua
Lewt sebuah penelitian ditemukan kaitan antara tempat kamu tinggal dapat membuatmu terlihat lebih tua. (Foto: Tomada de la Red/frontera.info

Sabigaju.com – Pernahkah kamu berpikir kapankah kamu akan merasa lebih tua  padahal  usiamu masih muda? Dan kapan pula kamu merasa memang sudah tua?

Sebuah penelitian dari Amerika menemukan bahwa terdapat cara untuk mengetahui pada usia berapa kamu akan mulai merasakan bahwa usiamu rupanya mampu mempengaruhi efek penuaan serta bagaimana dampaknya.

Berikut ini adalah ulasan mengenai kecenderunganmu merasa lebih tua ternyata bergantung pada tempat dimana kamu tinggal.

BACA JUGA: Lima Kebiasaan Fatal yang Bisa Bikin Cowok Cepat Tua

Riset pada Pria Berusia di Atas 65 Tahun

Menurut Better Homes and Gardens Australia, peneliti dari The Centre for Health Trends and Forecasts at the University of Washington menggunakan data dari Global Burden of Disease untuk meneliti tentang hal ini.

Para peneliti tersebut lebih memfokuskan pada bagaimana menganalisis tentang usia dan pengaruhnya dengan domisili seseorang.

Penelitian menggunakan data dari tahun 1990 hingga 2017 dari 195 negara tentang bagaimana penyakit dirasakan oleh pria berusia di atas 65 tahun. Penelitian ini juga dijadikan referensi untuk melihat bagaimana situasi yang sama dialami oleh pria di negara lain.

BACA JUGA: Sejumlah Manfaat Berpacaran dengan Wanita Lebih Tua

Papua Nugini, Negara dengan Pria yang Merasa Lebih Tua dari Umur Sebenarnya

Penelitian tersebut membuktikan bahwa pada beberapa negara, pria akan merasa lebih cepat tua dari umur sebenarnya. Sedangkan di beberapa negara lainnya, pria justru merasa tidak setua umur mereka sebenarnya.

Papua Nugini adalah negara dengan penduduk yang akan merasa lebih cepat tua dari umur sebenarnya.

Pria yang masih berumur 46 tahun akan merasa lebih tua seperti sudah berumur 65 tahun karena terbiasa menghadapi masalah kesehatan, mental serta kognitif.

BACA JUGA: Ilmuwan MIT: Berpuasa Bikin Manusia Awet Muda!

Swiss, Negara dengan Pria Merasa Tidak Setua Umur Sebenarnya

Lain Papua Nugini, lain pula Swiss. Swiss memiliki tingkat kecepatan umur yang sangat rendah.

Para prianya bahkan belum merasakan sudah berumur 65 tahun ketika mereka sebenarnya sudah berusia 76 tahun.

BACA JUGA: Begini Rupanya Rahasia Menjadi Pria Awet Muda

Negara lainnya adalah Australia. Para pria di Australia tidak merasa lebih tua walau sudah berumur 65 tahun ketika sebenarnya mereka sudah berumur hampir 74 tahun.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa dimana kamu tinggal akan sangat mempengaruhi mindset serta bagaimana kamu merasa sudah lebih tua dari umur sebenarnya atau tidak.

Wah, sepertinya kita harus memilih untuk berada lingkungan yang bisa membuat kita awet muda aja yah. (Sbg/Vania)

Comments