Helm Pintar
Teknologi AI kini sudah mulai disematkan di dalam  sebuah helm yang membuatnya menjadi helm pintar.(Foto: Instagram)

Sabigaju.com – Kecanggihan Teknologi artificial Intellegence (AI) rupaya tidak hanya membuat inovasi kamera smartphone menggeliat tiap tahunnya. Teknologi AI kini sudah mulai disematkan di dalam  sebuah helm yang membuatnya menjadi helm pintar.

Lalu, apa saja guna teknologi AI bila disematkan dalam helm pintar buat pengendara motor.

BACA JUGA: 

 

Helm Pintar Mirip dengan Kecanggihan Helm Iron Man

Teknologi AI bila  disematkan dalam helm ini memungkinkan pengendara untuk mendapatkan informasi penting tanpa mengganggu aktivitas berkendara.

Yang pasti helm pintar dilengkapi dengan teknologi AI sepertinya bakal mirip dengan helm yang digunakannya, Tony Stark, sang  Iron man.  Dan Ternyata helm ini sudah jadi kenyataan.

Nah sebuah perusahaan  asal Taiwan Jarvish  di tahun 2019 ini  akan memperkenalkan dua helm pintarnya dalam waktu tak lama lagi.

Yang pertama adalah Jarvish X yang dihargai USD799 atau sekitar Rp12,2 juta. Helm ini datang dengan aktivasi suara dan dukungan untuk Siri, Google Assistant, dan Alexa.

Helm Pintar
(Foto: Instagram)

Dalam helm pintar nan  canggih berteknologi AR ini, kamu dapat merasakan layar HUD. Layar kecil memantulkan ragam informasi ke visor.

Navigasi, kondisi lalu lintas, medan jalan, kecepatan, rambu, pesan masuk, telepon dan lainnya. Semua bisa dikontrol via suara, jadi tak perlu menekan tombol yang rumit untuk mengendalikan sistem HUD.

Sementara satu helm pintar lagi adalah Jarvish X-AR yang rencananya akan dibanderol USD2,599 atau Rp39,7 juta.

Helm ini selain dilengkapi kontrol suara, helm ini juga dilengkapi dengan tampilan di layar, yang dapat dibagi dua untuk memperlihatkan kecepatan dan arah secara bersamaan.

Nah, Jarvish X-AR memiliki kamera di bagian belakang yang berfungsi seperti kaca spion bagi pengendara, yang akan ditampilkan di depan layar. Hal ini akan membuat pengendara kendaraan roda dua lebih aman.

Soal daya tahan, kedua helm  ini punya daya tahan yang cukup lama. Untuk Jarvish X akan berlangsung selama lebih dari enam jam. Sementara Jarvish X-AR mampu bertahan hingga empat jam.

Soal Keamanan Helm Pintar

Lantas, bagaimana spesifikasi standar helmnya? Tentunya sebelum meningkatkan sektor kecanggihan, Jarvish sudah lebih dulu menyiapkan material helm terbaik.

Helm Pintar
(Foto: Instagram)

Serat karbon murni digunakan pada seluruh material shell-nya. Rancang bangunnya pun merujuk pada sertifikasi standar helm dunia, CNS, ECE, DOT hingga FCC. Bobot helm kurang lebih 1,7 kg, sangat ringan dengan imbuhan fitur yang diembannya.

Bagi Anda yang tak sabar untuk mendapatkan helm ini, Jarvish X akan dapat di pre-order pada Januari dan Jarvish X-AR pada  2019 ini. (Sbg/Rig)

Comments