Nikotin
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Sebagian pria biasanya memiliki kegemaran untuk merokok. Untuk membersihkan nikotin dalam tubuh, biasanya pria akan meminum soda dan susu. Lalu, apakah benar soda dan susu dapat membersihkan zat tersebut dalam paru-parumu?

Nikotin sendiri merupakan bahan adiktif yang ditemukan dalam rokok serta produk tembakau lainnya.

Nikotin juga dapat menyebabkan kecanduan fisik yang dapat bertahan selama bertahun-tahun. Nah, berikut ini adalah beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat membersihkan nikotin.

BACA JUGA: Sederet Kebiasaan Buruk Ini Sama Bahayanya dengan Merokok

Minum Air Putih 2,3 Liter dalam Beberapa Hari

Kelebihan Minum Air
(Foto: Unsplash)

Semua orang tentu tahu bahwa air putih sangat baik untuk kehidupan sehari-hari. Agar tetap sehat, setiap orang perlu minum setidaknya 1,8 – 2,0 liter air per hari.

Tetapi, untuk dapat lebih membersihkan nikotin kamu perlu meminum lebih banyak dari takaran seharusnya. Caranya, kamu dapat meminum setidaknya 2,3 liter air selama beberapa hari.

Tetapi, jangan lupa untuk memperhatikan keseimbangan mineral dalam tubuh yang justru dapat menimbulkan penyakit lain.

BACA JUGA: Tips Jitu Biar Sukses Menghentikan Kebiasaan Merokok

Rutin Berolahraga

Untuk mengimbangi konsumsi air yang kamu minum, kamu juga dapat berolahraga dengan rutin.

Berolahraga sangat baik untuk membersihkan tubuh dari kotoran melalui keringat. Hal ini juga termasuk membersihkan nikotin dalam tubuhmu.

 

Beberapa contoh olahraga yang dapat kamu coba untuk membersihkan zat adiktif tersebut dalam tubuhmu adalah jogging, bersepeda serta jalan cepat.

Kamu dapat melakukannya selama 30 menit dalam setiap latihanmu. Lakukan kegiatan berolahraga ini selama sekitar lima kali dalam seminggu.

BACA JUGA: Puluhan Negara Kini Terapkan Larangan Rokok Elektrik 

Mengurangi Makanan Cepat Saji dan Perbanyak Buah-buahan

Selain minum air putih dan rutin berolahraga, kamu juga dapat mulai menjaga pola makanmu.

Caranya dengan mengurangi makanan cepat saji serta memperbanyak konsumsi buah-buahan. Cara ini baik karena buah mampu menetralkan racun nikotin yang bersifat asam.

(Foto: Pixabay)

Beberapa contoh buah yang dapat kamu konsumsi adalah jeruk dan apel karena buah-buah ini memiliki tingkat keasaman yang baik. Selain itu, kamu juga dapat mulai untuk mengurangi makanan cepat saji.

Mulailah untuk membiasakan diri mengonsumsi makanan-makanan sehat agar dapat membantu proses pembersihan nikotin dalam tubuhmu. (Sbg/Vania)

Comments