Kebiasaan Mengantri
(Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Kebiasaan mengantri adalah satu kegiatan yang tak bisa kita hindari dalam kegiatan sehari-hari.

Kebiasaan mengantri berlaku di banyak tempat mulai dari tempat makan, antri beli tiket bioskop atau juga mengantri di wahana permainan ataupun saat membayar belanjaan di supermarket sudah banyak hadir di kota-kota besar. Terlebih saat berlakunya diskon pembelian barang-barang.

Meski membuat tertib. Namun, dari sisi medis, kebiasaan mengantri dalam waktu yang cukup lama bisa menimbulkan masalah kesehatan, khususnya kaki dan punggung.

BACA JUGA: Gaya Hidup Monoton Bisa Picu Kerusakan Saraf 

Penelitian Kaitan  Medis dan Kebiasaan Mengantri

Saat berdiri, kebanyakan orang mengambil sikap santai. Padahal, posisi itu justru bisa membuat lebih banyak tekanan yang pada akhirnya menyebabkan rasa sakit di pergelangan kaki serta punggung bagian bawah.

“Cara kami berdiri sangat penting. Tubuh kita dapat menopang banyak ketegangan dalam satu posisi,” kata Dr Diane Koshimune, seorang ahli penyakit kaki.

Saat mengantri, bisa juga memutar sedikit lutut dan membuat berdiri menjadi lebih nyaman.

“Ketika kita berdiri untuk jangka waktu yang lama, kita memperluas dan memperpanjang fleksor pinggul,” kata Victoria Lyon, pelatih kebugaran pribadi dan kelompok bersertifikat serta peneliti kesehatan masyarakat di University of Washington.

Lebih baik mengambil posisi aktif agar dapat membantu mendistribusikan berat badan secara lebih merata dan meluruskan persendian. Disarankan agar menggerakkan otot-otot kaki sambil berdiri tanpa mengangkat kaki,

Berikut beberapa tip buat kamu  agar mengantri lebih nyaman dan minim rasa sakit.

BACA JUGA: Aktivitas Jalan-jalan Tekan Kebiasaan Mengonsumsi Hal Negatif 

Istirahat/Bergerak

Kaitlin Gallagher, seorang asisten profesor di University of Arkansas menemukan bahwa sekitar setengah populasi orang merasakan semacam sakit punggung karena berdiri berlebihan.

Bahkan sakit punggung bisa dirasakan orang belum pernah mengalami sebelumnya.

“Sakit punggung karena berdiri sepertinya itu sesuatu yang kecil yang hilang ketika Anda bergerak, tetapi itu dapat menyebabkan masalah seiring waktu,” katanya.

Dalam sebuah studi baru-baru ini, Gallagher dan timnya menemukan bahwa mengambil istirahat sejenak, seperti berjalan selama lima menit atau setiap setengah jam dapat membantu mengurangi rasa sakit punggung yang disebabkan karena berdiri. Dengan berjalan, tulang belakang pun akan bergerak.

Bergerak menjadi cara yang baik untuk mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan ketika berdiri,” katanya lagi.

Selain istirahat atau bergerak, upaya lain yang bisa dilakukan seperti menempatkan satu kaki di trotoar atau permukaan yang lebih tinggi. Mengistirahatkan kaki bisa efektif mengurangi nyeri punggung bawah.

BACA JUGA: Biasakan Berjalan Kaki Demi Kesehatanmu di Masa Depan 

Perhatikan Sepatu atau Sandal

Mengantri terlalu lama dapat menyebabkan masalah, akibat jari kaki dan tendon yang kelelahan.

Agar kamu nyaman saat mengantri ataupun berjalan  lebih nyaman dengan baiknya kamu mengenakan sepatu yang lebih mendukung, seperti flat atau slide dengan sol yang lebih tebal, misalnya.

Selain itu ada baiknya kamu mengenakan  sepatu yang tidak mudah membuat tergelincir dengan tali di belakang untuk membantu menahan kaki.

Tidak Sering Menunduk

Waspadai posisi bahu yang disebut kyphosis. Jika kamu membawa tas punggung yang berat dan tubuhmu lemah.

Kamu mungkin juga menderita lordosis, yang berarti punggung bisa melengkung dan terasa sakit. Tetaplah memandang lurus ke depan daripada sering melihat layar ponsel dengan menunduk.

BACA JUGA: Kebiasaan Memasak Lebih Baik daripada Pesan Makanan Via Online 

Latihan One Stretch

Latihan berdiri yang disebut One Stretch dapat membantu mencegah atau mengurangi nyeri punggung bawah. Untuk melakukan One Stretch, berdirilah dengan kaki selebar bahu.

Letakkan tangan di punggung bawah dengan jari-jari mengarah ke bawah. Tarik napas, lalu buang napas selama tiga detik.

Latihan ini dapat meregangkan punggung dengan lembut. Jangan menekuk lutut dan gunakan tangan untuk penyangga saat kembali ke posisi berdiri netral. Ulangi latihan seperti ini beberapa kali.

Nah hal lain yang harus kamu perhatikan adalah kebiasaan mengantri  berdiri dalam waktu cukup lama, tentu dibutuhkan daya tahan tubuh kuat.

So, pastikan tubuhmu dalam kondisi bugar yah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang terbiasa melakukan kebiasaan mengantri sehari-hari. (Sbg/Rig)

Comments