kebiasaan bersyukur bisa mendatangkan berbagai maanfaaat bagi jiwa raga
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Kebiasaan bersyukur adalah cara manusia mengakui hal-hal baik dalam hidup Meski hai ini sangat sederhana untuk dilakukan , tapi seringkali dilupakan.

Kita bisa mulai belajar bersyukur atas hal-hal sederhana yang kita miliki. Bersyukur karena masih bisa diberikan napas kehidupan, bersyukur karena dalam situasi wabah tetap diberikan kesehatan.

Bersyukur tetap diberi rezeki untuk makan walaupun mungkin sederhana, bersyukur dapat tetap bekerja meskipun seadanya. Dan, bersyukur karena masih bisa diberikan kesempatan untuk hidup sampai hari ini.

Nah kali ini Sabigaju.com mau kasih info mengapa kebiasaan bersyukur harus semakiin sering dilakukan oleh kalian. berikut ulasannya

BACA JUGA: Cara Unik Menemukan Kebahagiaan Lewat Tradisi

1. Bersyukur Bikin cepat Sembuh dari Sakit

Belum banyak yang menyadari kalau bersyukur ternyata lebih manjur mengobati rasa sakit ketimbang dari obat.

Menurut dokter Tanmeet Sethi yang berbasis di Seattle, Amerika Serikat, dia menggunakan pendekatan bersyukur untuk meredakan nyeri dan sakit pasiennya.

Direktur Integrated Medicine Fellowship di Swedish Hospital ini pernah m membagikan pengalamannya di sebuah acara talk show

“Riset telah membuktikan bersyukur dapat membantu pelepasan dopamin. Itu membuat kita bahagia,” jelas Sethi.

Sethi menjelaskan, semakin banyak dopamin yang dilepaskan, otak kita semakin banyak menemukan hal yang bisa disyukuri.

Dengan kata lain, semakin sering bersyukur maka kemampuan kita untuk lebih bersyukur kian terasah. Menurut Sethi, saat bersyukur, kita turut merangsang bagian korteks prefrontal.

Bagian otak tersebut mengatur aktivitas saraf untuk mengendalikan stres dan rasa sakit. Proses itu sama saat kita merasakan rasa sakit berkurang ketika bersama orang-orang yang dicintai.

Sementaa itu Profesor Reynolds Price dari Duke University Inggris, membagikan pengalamannya tentang keampuhan bersyukur di buku berjudul A Whole New Life.

Di bukunya, dia menggambarkan pertempurannya melawan tumor sumsum tulang belakang. Price menggambarkan saat dirawat akibat tumor dia jadi belajar memperhatikan lingkungan sekitar dan orang-orang terdekatnya.

Lewat bukunya itu, dia membagikan pengalaman berproses membuatnya jadi pribadi yang lebih bersyukur.

2. Mengatasi Stres

Kebiasan bersyukur memiliki kekuatan dasyat serta mndatangkan banyak manfaat dalam kehidupan.

Orang yang penuh rasa syukur ternyata juga lebih fit secara fisik, memiliki tekanan darah lebih rendah dan menderita lebih sedikit stres.

Kunci dari rasa syukur adalah melatihnya seperti melatih otot, semakin kita sering bersyukur, semakin kuat rasa itu dan semakin mudah bagi kita untuk konsisten mempraktikkannya.

BACA JUGA: Mengejar Kebahagiaan, Nggak Perlu Kamu Lakukan 

3. Membantu Meningkatkan Rasa Percaya Diri

kebiasaan bersyukur bisa membantumenumbuhkan rasa percaya diri. Dengan bersyukur kita bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan, serta menumbuhkan rasa cinta pada diri sendiri.

Menerima kelemahan diri adalah hal yang terberat, tapi jika Anda bisa melakukannya, Anda akan bisa merasa nyaman dengan kulit yang dimiliki.

Memang tidak ada orang yang sempurna di dunia ini, tapi dengan bersyyukurkamu bisa merasa nyaman dan hal itu bisa membantu mengoptimalkan rasa percaya dirimu.

4. Lebih Bahagia dan Sehat Secara Fisik

Menurutt Michelle P. Maidenberg, Ph.D., MPH, LCSW-R, CGP, seorang asisten profesor pascasarjana Praktik Kesadaran di Universitas New York sekaligus Presiden dan Direktur Klinis Thru My Eyes Foundation ada banyak manfaat dari praktik bersyukur, terutama di saat stres dan periode yang penuh ketidakpastian.

Menurutnya dengan kebiasaan bersyukur dapat mengundang emosi positif yang dapat memiliki manfaat fisik, melalui sistem kekebalan tubuh serta dapat secara signifikan mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

BACA JUGA: Menolong Orang Lain Bikin Bahagia Diri Sendiri

5. Hidup Lebih Tenang

Kebiasaan bersyukur jika sering dilakukan dapat membuat kondisi mental kita lebih baik, jika kita mempratikannya secara teratur.

Menurut Shawn Anchor, peneliti kebahagiaan dan penulis The Happines Advantage, mengatakan kebiasaan bersyukur di segala usia dapat meningkatkan energi dan kualitas tidur.

Bersyukur juga dapat mengurangi depresi dan meningkatkan optimisme dalam hubungan sosial, yang merupakan dua faktor terbesar penyebab kebahagiaan.

Menurutnya, kebahagiaan tidak harus bergantung pada gen atau lingkungan kita karena bahagia merupakan pilihan.

Nah semoga informasi dapat membuamu  jadi makin sering  melakukan kebiasaan bersyukur yah gaes! (Sbg/Rig)

Comments