Kebiasaan berhemat
Salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata impian adalah dengan menerapkan kebiasaan berhemat. (Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan agar dapat sering-sering melakukan hobi travelling adalah dengan menerapkan kebiasaan berhemat. Soalnya Tak bisa dipungkiri, hobi travelling itu kan butuh biaya yang gak kecil.

Sayangnya, kebiasaan berhemat bukan menjadi hal yang mudah karena begitu banyak godaan yang datang kepada kita untuk terus menghambur-hamburkan uang.

Nah, Sabigaju mau kasih tips ampuh yang bisa dilakukan oleh kamu untuk memulai kebiasaan berhemat biar bisa sering melancong.

 BACA JUGA: Hemat atau Pelit, Kamu Tipe Cowok yang Mana?

Memangkas Biaya Pengeluaran Kunci kebiasaan Berhemat

Ya, sebenarnya biaya bisa tersedia bila Anda memang berniat melakukan perjalanan.

Untuk mempersiapkan dana liburan, Anda mungkin bisa meniru kebiasaan berhemat yang dilakukan oleh penulis sekaligus traveller kenamaan Michelle McGagh yang dituliskan dalam bukunya berjudul The No Spend Year : How I Spent Less and Lived More.

Dalam buku tersebut, Michelle menjelaskan bahwa dirinya tak mengeluarkan uang untuk membeli apapun selama setahun.

Dia hanya memenuhi kebutuhan untuk hidup sehari-hari saja. Membayar tagihan listrik, membeli bahan makanan mingguan, membayar asuransi, belanja produk pembersih, tak lupa beramal.

 BACA JUGA: Tips Mengatur Keuangan untuk Para Pria Single

Dengan disiplin menerapkan kebiasaan berhemat selama Satu tahun plus memotong biaya yang tidak perlu, Michelle berhasil menyisihkan USD27.680 atau sekitar Rp369 juta. Uang itu ia gunakan untuk melunasi hipoteknya.

Meski cara yang dilakukan cukup ekstrem, kamu bisa belajar dari Michelle McGagh. Dengan begitu,kamu mengurangi biaya tak perlu dan memanfaatkan uang yang ada untuk melakukan hobi travelling.

Nah ada beberapa pengeluaran yang kamu bisa kurangi bahkan mungkin dihilangkan dari biaya sehari-hari, dan dialihkan masuk ke dalam tabungan perjalanan.

 BACA JUGA: Ternyata Olahraga Bersepeda Bikin Bahagia dan Panjang Usia 

Gunakan Sepeda atau Moda Transportasi Umum

Dalam bukunya Michelle menetapkan untuk tidak mengeluarkan uang sepeserpun untuk kendaraan. Kapan pun ia pergi, sepeda jadi moda transportasi umumadalah andalannya.

(Foto: Instagram transitcenter)

Kalau kamu menilai Cara ini mungkin terlalu ekstrem, kamu bisa dengan perlahan beralih dari moda trasportasi mahal,dengan mulai melakukan jalan kaki, naik bus, atau kereta yang ongkosnya tak seberapa dibandingkan ongkos naik taksi.

 BACA JUGA: 

Hiburan

Hiburan seperti menonton film terbaru di bioskop, menonton konser musisi kenamaan, karaoke,ataupun  kongko-kongko tentu butuh biaya.

Karena bisa dikategorikan sebagai biaya tak perlu, maka kamu bisa memangkas habis dana senang-senang ini.

(Foto: Pexels)

Kamu masih bisa kok bersenang-senang dengan mencari alternatif hiburan di rumah, seperti menonton film di rumah, berkebun, main alat musik, menonton film dari koleksi DVD lama, olahraga, baca ulang buku favorit, membuat hiasan rumah dari barang tak terpakai, menulis, hingga merencanakan perjalanan.

 BACA JUGA: Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Kopi, Perhatikan Ambang Batasnya 

Ngopi di Rumah

Coba deh hitung seberapa sering kamu minum kopi di kedai atau kafe? Misalnya nih, secangkir kopi harganya adalah Rp50 ribu dan kamu membelinya tiga kali sepekan. Bisa ratusan ribu perbulan dan kalkulasi setahunnya bisa mencapai jutaan rupiah.

(Foto: Pixabay)

 

Padahal kamu bisa melakukan kebiasaan berhemat dengan jalan ngopi dirumah atau bawa kopi dari rumah pokoknya  nggak minum kopi di kedai atau kafe.

Dengan kebiasaan berhemat ini, maka kamu bisa  mengumpulkan untuk membeli tiket pesawat pergi pulang ke destinasi wisata impianmu.

 BACA JUGA: Empat Kegiatan Staycation, yang Pas Buat Liburan di Akhir Pekan

Gag Usah Ngemall

Anda mungkin akan tergoda untuk liburan singkat di akhir pekan ke mall . Namun, perlu diingat bahwa akan ada biaya tidak sedikit yang dikeluarkan untuk itu.

(Foto: Pixabay)

 

Lebih baik uangnya tetap disimpan untuk perjalanan besar, dan Anda bisa mencari alternatif hiburan tanpa biaya di sekitar tempat tinggal. Paten kan.

Pokoknya kebiasaan berhemat banyak untungnya dan pastinya bakal bikin kamu jadi sering jalan jalan men! (Sbg/Rig)

Comments