Kebiasaan Bangun Pagi
Dari hasil penelitian yang dilakukan, kebiasaan bangun pagi ternyata dapat membuat seseorang menjadi langsing. (Foto: Detox.org)

Sabigaju.com – Selain melakukan diet serta rutin berolahraga ada hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tubuh langsing. Hal itu bisa dilakukan dengan kebiasaan bangun pagi.

Walaupun terlihat sepele, kebiasaan bangun pagi sepertinya masih menjadi kendala bagi banyak orang. Padahal, banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan bangun tidur di pagi hari.

Keinginan untuk bangun pagi dan memulai aktivitas sebelum matahari terbit adalah keinginan banyak orang, tetapi sangat sedikit orang yang benar-benar bisa mengubahnya menjadi suatu kebiasaan.

Studi Kebiasaan Bangun Pagi Bikin Langsing

Studi membuktikan orang yang rutin bangun pagi cenderung memiliki tubuh langsing.

Studi yang dilakukan di Amerika Serikat pada 2014 tepatnya di Northwestern University menemukan bahwa orang yang rutin bangun pagi atau sekitar waktu subuh, memiliki indeks masa tubuh yang ideal. Selain itu, kesehatan fisik juga lebih baik serta mengesankan. Orang-orang ini juga akan memiliki pola hidup lebih sehat, teratur dan istirahat malam yang cukup baik.

Saat seseorang bangun lebih pagi, ini berarti tubuhnya akan memiliki gerak tubuh lebih banyak. Ini juga membuatnya memiliki cukup banyak waktu untuk membuat sarapan bahkan makan siang lebih sehat. Hal-hal inilah yang kemudian dinyatakan bisa membuat seseorang bisa memiliki berat badan lebih ideal setelah rutin bangun lebih pagi.

Tak hanya itu saja, orang-orang yang memiliki kebiasaan bangun pagi juga akan mendapat paparan sinar matahari pagi yang sehat dan waktu olahraga yang cukup banyak. Kathryn Reid, seorang ilmuwan di Northwestern University mengungkapkan jika paparan cahaya pagi ini bisa mempengaruhi indeks masa tubuh seseorang.

Manfaat Lain Bangun Pagi untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapat dari kebiasaan bangun pagi.

1.  Jadi Kebiasaan Orang Sukses

Membuat orang lebih sukses Sebuah penelitian pada tahun 2008 yang dilakukan oleh Universitas Texas menemukan bahwa mahasiswa yang memiliki bangun pagi memiliki nilai yang lebih tinggi pada GPA atau IPK mereka dibandingkan dengan mahasiswa yang suka begadang dan jarang bangun pagi.

2. Bangun Pagi Bikin Bahagia

Orang yang memiliki kebiasaan  bangun pagi lebih bahagia  hati seseorang lebih bahagia secara umum setiap hari. Penelitian menunjukkan bahwa manula cenderung lebih bahagia daripada anak-anak muda karena mereka lebih sering bangun pagi.

Sementara anak-anak muda dan dewasa yang sering bekerja dan bermain hingga larut malam, dan jarang bangun pagi memiliki suasana hati yang lebih buruk setiap harinya.

3. Bangun Pagi Membuat Orang Bersemangat

Kebiasaan bangun pagi membuat orang lebih bersemangat untuk olahraga dan menghirup udara segar.

Tentu saja, ini membuat tubuh mereka lebih bugar dan sehat. Kebanyakan orang yang sukses memiliki kebiasaan bangun lebih pagi. Olahraga dan menghirup udara segar di pagi hari bisa meningkatkan suasana hati dan memberikan energi untuk beraktivitas.

4. Kebiasaan BangunPangi Membuat Orang Produktif

Kebiasaan  bangun pagi membuat seseorang lebih produktif. Hal ini karena orang yang bangun lebih pagi memiliki waktu untuk menyiapkan pekerjaan, sementara orang lain masih tertidur.

Mereka memiliki waktu yang hening dan baik digunakan untuk berkonsentrasi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh profesor biologi di University of Education di Heidelberg menemukan bahwa orang yang bangun lebih pagi memiliki energi yang lebih banyak

5. Membuat Kesehatan Mental

Membuat mental lebih sehat dan positif orang yang bangun lebih pagi memiliki suasana yang lebih baik dan mental yang lebih optimis.

Mereka juga lebih mudah merasa puas. Sementara itu orang yang terbiasa bangun di malam hari dan tidur di pagi hari, meski dikaitkan dengan kecerdasan dan kreativitas, cenderung memiliki suasana yang negatif seperti perasaan depresi dan pesimis.

Nah mulai sekarang kamu sebaiknya mulai membiasakan diri untuk bangun lebih pagi, atau setidaknya menyempatkan diri bangun di pagi hari. (Sbg/Rig)

Comments