kebahagiaan hidup

Sabigaju.com – Lupakan sejenak soal kerut di bawah mata, tubuh yang mungkin menggendut pasca melahirkan, dan masalah rumah tangga. Ternyata bertambah tua tidak melulu memperburuk kondisi wanita. Justru banyak wanita mencapai titik kebahagiaan hidup setelah melewati usia 30 tahun.

Pengalaman hidup yang sudah cukup banyak, pekerjaan yang mapan, keluarga yang harmonis, dan kepercayaan diri yang semakin matang membuat wanita di atas usia 30 tahun cenderung mencapai titik kepuasan hidup mereka. Bila pada rentang usia 20-an wanita mengkhawatirkan banyak hal, sebaliknya pada usia di atas 30-an wanita cenderung lebih bijaksana dalam menerima jalan hidupnya. Ada beberapa faktor yang membantu wanita mencapai kebahagiaan hidup di atas usia tiga 30 tahun tersebut dan berikut ini tiga faktor di antaranya:

Kebahagiaan Hidup Wanita Setelah Melewati Usia 30-an

1. Mencapai Kemapanan finansial

Tidak dipungkiri bahwa kesuksesan di dunia kerja memiliki pengaruh besar terhadap kebahagiaan hidup wanita. Kesuksesan wanita dalam pekerjaannya berbanding lurus dengan peningkatan penghasilan. Walaupun uang tidak bisa membeli segalanya, tetapi uang bisa membantu wanita memiliki lebih banyak pilihan.

Hal tersebut menjadi faktor pendukung wanita mencapai kepuasan hidupnya. Oktober lalu, Bussiness Insider merilis data bahwa wanita mencapai kemapanan finansial di atas usia 30 tahun. Tepatnya pada usia 39 tahun atau 9 tahun lebih awal dari puncak kemapanan finansial pada pria.

2. Membeli Waktu Luang

Masih berhubungan dengan faktor pertama, kemampuan financial yang meningkat memungkinan wanita untuk memiliki lebih banyak pilihan seperti membeli waktu luang. Membeli waktu luang yang dimaksud adalah mampu membagi pekerjaannya dengan orang lain, contoh mudahnya yaitu bisa memperkerjakan pembantu untuk membantu wanita mengurus hal-hal domestik.

Walau terlihat sederhana, tetapi hal tersebut meningkatkan kepuasan hidup wanita dengan signifikan. Tenang saja, pernyataan tersebut sudah dibuktikan oleh peneliti dari University of British Columbia and Harvard Business School yang melakukan penelitian terkait pengalokasian uang untuk membeli waktu luang. So, money can buy happiness! 

3. Kehidupan Asmara yang Stabil

Sebagian besar wanita di Indonesia memasuki gerbang rumah tangga pada akhir usia 20-an. Namun efeknya terhadap kepuasan hidup wanita baru terasa setelah usia lebih dari 30 tahun. Beberapa riset menyatakan bahwa semakin lama usia pernikahan akan meningkatkan kepuasan hidup wanita. Dengan satu catatan, kehidupan pernikahan dengan sang pasangan tidak diterpa persoalan rumit seperti orang ketiga dan sebagainya.

Kehidupan asmara yang kian stabil membuat wanita lebih mudah mencapai kepuasan hidup dan rata-rata hal tersebut terjadi di atas usia 30 tahun. Pengalaman dan perjalanan hidup hingga karir maupun kehidupan sosial yang semakin membaik membuat wanita lebih prima dalam menjalani hubungan dengan pasangan.

Hal tersebut juga mempengaruhi kepercayaan diri wanita di ranjang ketika melakukan hubungan seksual dengan pasangannya. Selain itu, wanita juga cenderung lebih puas menjalani hubungan seksual dengan pasangan yang sudah resmi karena adanya perasaan aman.

Ternyata faktor-faktor yang menyebabkan wanita mencapai titik kepuasan hidup setelah usia 30 tahun itu ada banyak. Tiga faktor di atas hanya sebagiannya saja. So, menua itu tidak semengerikan yang kita pikirkan bukan? (Sbg/Er)

Comments