Motion Sickness
(Sumber Foto: marketingreview.vn)

Sabigaju.com – Bermain game di saat libur akhir pekan seperti saat ini tentunya menyenangkan.

Namun sayangnya banyak orang yang terlalu lama bermain game saat akhir pekan hingga membuat mereka mengalami mual dan ingin muntah saat main game.

Nah, jika kamu mengalami hal demikian bisa jadi kamu mengalami kondisi motion sickness.

Lantas apa yang membuat seseorang mengalami motion sickness?

BACA JUGA: Bermain Video Game Lebih dari Sekedar Aktivitas Menyenangkan

Penyebab Motion Sickness

Menurut ulasan yang dimuat di situs The Guardian, penyebab dari motion sickness saat bermain game memang kurang lebih sama dengan penyebab orang yang mengalami mabuk kendaraan.

Rasa pusing dan ingin muntah alias mual yang timbul karena main game, bisa terjadi akibat terputusnya informasi yang diterima otak mengenai yang dilihat mata, dan dirasakan tubuh.

Teori paling umum untuk bisa menjelaskan motion sickness akibat main game adalah sebagai berikut: tubuh berpikir bahwa ia sedang diracuni dan kamu sedang berhalusinasi dari gerakan yang terlihat, tapi tak bisa dirasakan. Jika kamu tidak segera berhenti main game, rasa mual bisa semakin hebat, dan muntah pun terjadi.

BACA JUGA: Main Video Game Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Penelitian Soal Motion Sickness

Dalam sebuah studi yang dirilis Journal Human Factors, para peneliti mengamati kebiasaan main game di konsol PlayStation, Xbox dan Wii. Kemudian, para responden memainkan beberapa game dengan konsol Xbox selama 50 menit.

Para responden juga diminta untuk menggunakan alat unit display di kepala mereka. Permainan yang mereka mainkan lewat konsol pun ditampilkan lewat alat itu.

Lebih dari 90% peserta yang bermain game sambil berdiri, dilaporkan mengalami pusing dan mual. Sementara itu, hanya 59% dari mereka yang bermain sembari duduk, merasakan pusing dan ingin muntah.

BACA JUGA: Deretan Karakter Ngegemesin yang Bikin Cowok Betah Main Video Games

Studi itu menyimpulkan, para gamers yang bermain game sambil berdiri, lebih berisiko terkena pusing dan mual, dibandingkan mereka yang duduk.

rasa pusing dan mual ini lebih mudah dirasakan ketika banyak pergerakan yang terjadi dalam kecepatan tinggi, namun kamu bingung harus fokus ke pergerakkan yang mana.

Nah langkah paling efektif untuk mengatasi motion sickness adalah berhentilah sejenak dengan melakukan kegiatan lain atau bermain game lain yang lebih ringan dan sederhana.

Jika pusing dan mual sudah tidak terasa kamu dapat bermain game kembali. Dengan membiasakan diri seperti ini maka otak dan tubuh akan terkoordinasi dengan baik dan lama kelamaan akan mampu menerima pergerakan dari game yang dimainkan.(Sbg/Rig)

Comments