Sabigaju.com – Mengunjungi kota Tasikmalaya, Jawa Barat rasanya tidak afdol jika tak mampir ke gunung Galunggung. Gunung yang di tahun 1982 terkenal dengan letusan abu vulkaniknya hingga merendam separuh wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya itu, kini justru menyingkapkan pesona alam yang luar biasa, bukan saja dari sisi nilai sejarahnya, tapi beragam fasilitas seperti pemandian air panas, hingga panorama alam yang indah.

Maka wajar jika ada orang bilang rasanya nanggung jika ke Tasik tapi tidak mampir ke Galunggung. Apalagi lokasi gunung Galunggung hanya berjarak sekitar 17 Km dari pusat Kota Tasikmalaya.

Saat Anda melakoni perjalanan dari kota Tasik menuju Galunggung akan ada liukan jalan yang dikelilingi hamparan luas pertanian yang hijau dan pemandangan yang indah dengan suasana alam di sana yang sejuk. Wisata air hangat yang menggoda akan mampu menghangatkan tubuh setelah letih berkeliling kota Tasikmalaya.

Ada beberapa spot wisata yang bisa ditemukan di Galunggung. Di antaranya Kawah Gunung Galunggung dengan belerangnya berwarna hijau, Curug Galunggung, Kolam pemandian air panas, Prasasti Galuh, Prasasti Terowongan, dan Terowongan Air Kawah.

Untuk menuju lokasi wisata Gunung Galunggung, wisatawan bisa melalui tiga jalur bisa melewati jalur Ciawi, Pusat Kota dan Singaparna.

Menariknya, untuk menuju puncak gunung dan melihat kawah, pengunjung akan ditantang menaiki anak tangga dengan jumlah yang tidak sedikit. Di persimpangan jalan menuju parkir kendaraan, pengunjung akan diberi pilihan jalan ke kiri dan ke kanan untuk menuju puncak. Jalur kiri, jarak menuju parkiran kendaraan adalah 700 meter, setelahnya menaiki anak tangga sebanyak 510 anak tangga. Sementara jalur kanan, jarak menuju parkiran sekitar 1000 meter dan harus menaiki anak tangga sebanyak 620 anak tangga.

Adapun biaya retribusi pengunjung yang hanya dipatok dengan tarif Rp.6.500 per orang ditambah Rp.2.000 untuk parkir kendaraan. Namun, bila pengunjung ingin menikmati kolam pemandian air panas yang dikelola Perhutani, harus bayar lagi sebesar Rp.10.000. Sementara kolam rendam dewasa Rp.5.000 dan anak Rp.3.000.

Saat ini pengunjung wisata Gunung Galunggung umumnya berasal dari berbagai daerah, paling dominan dari Bandung dan Jakarta. Jika memasuki weekend, pengunjung bisa mencapai 5000 sampai 6000 orang. (Sbg/ink)

Comments