Kutu Buku
Pria kutu buku memiliki potensi yang tinggi apalagi sekarang ini, banyak pula lapangan pekerjaan yang memfasilitasi mereka dalam berkarya. (Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Kutu buku seringkali dikaitkan dengan personal yang anti sosial, cupu, dan tak cakap dalam hal berkarir.

Label ini akhirnya kerap membuat mereka kesulitan dalam mencari pekerjaan yang mumpuni. Padahal, si kutu buku ini memiliki potensi yang tinggi loh, Sob.

Sekarang ini, banyak pula lapangan pekerjaan yang memfasilitasi mereka dalam berkarya.

Jika memang tak pandai bersosialisasipun, mereka bisa kok bekerja sendiri di rumah. Nih lima pekerjaan yang bisa mereka ambil untuk segera mencetak uang.

BACA JUGA:

 

1. Editor

Kutu Buku
(Foto: Pexels)

Para penerbit atau redaksional biasanya akan membutuhkan editor sebagai filter pertama mereka.

Editor ini bertuga menyeleksi atau mengedit sebuah tulisan agar bisa dibaca dengan enak dan lebih baik.

Biasanya, kamu akan bisa melakukannya jika memang suka membaca karena terbiasa dengan tulisan yang baik.

2. Proofreader

Kutu Buku
(Foto: Pexels)

Pasti banyak banget nih yang baru denger profesi ini. Hampir sama dengan editor, namun proofreader bekerja lebih kompleks dan mendalam.

Pekerjaannya menyangkut pengeditan tata bahasa, punktuasi, ejaan, struktur kalimat ataupun sekedar typo aja. Si kutu buku biasanya akan lebih jeli dengan hal ini.

3. Penulis

Kutu Buku
(Foto: Unsplash)

Orang yang suka membaca itu terbukti memiliki daya kritis atau khayal yang tinggi. Jika memang kamu salah satunya, kamu pasti akan mampu menulis sesuatu, entah itu berupa essay, artikel berita, novel, atau karya ilmiah sekalipun.

Coba mulai cari penerbit yang sesuai dengan interest kamu. Cari tahu bagaimana cara bekerja sama dengan mereka. Lumayan kok Sob royaltinya. Tapi tentu tulisan kamu harus orisinal ya.

4. Pustakawan

Kutu Buku
(Foto: Pexels)

Bahkan ada loh Sob beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ilmu perpustakaan.

Biasanya nih, perpustakaan adalah tempat ternyaman dan aman buat si kutu buku. Jadi tentu dong menjadi pustakawan adalah hal menyenangkan untuk mereka.

5. Resensor

Enggak cuma resensi buku aja nih, bahkan beberapa hal kayak film pun bisa diresensi. Nah, kalau kamu misal suka juga nonton film, kamu bisa membuat resensinya.

Tentu harus kritis dan betul-betul didasari dengan kemampuan kamu dalam bidang perfilman.

Kutu Buku
(Foto: Pexels)

Banyak-banyak deh nulis resensi, bikin blog atau kirim tulisan kamu ke beberapa media. Siapa tau bisa dimuat.

Itu Sob beberapa profesi yang bakal nyenengin kamu si book wom alias kutu buku. Jangan malu mulai sekarang. Cowok doyan baca buku itu seksi, kok. (Sbg/Dinda)

Comments