Kasur Basah
(Foto: Titus.kz)

Sabigaju.com – Kasur merupakan benda penting yang kita butuhkan untuk beristirahat. Nah saat genangan air alias banjir yang merendam pemukiman tak ayal membuat berbagai  peralatan rumah tangga hingga kasur basah

Bagi yang mengalami hal ini tentunya bertanya, kasur yang terendam banjir baiknya kasur basah dibersihkan atau dibuang?

Membuang kasur basah yang terendam banjir tentunya bukan perkara mudah tak semua tukang sampah atau pemulung yang mau menampungnya untuk dikenakan kembali. Nah, Sabigaju mau kasih tipsnya buat kamu.

Cara membersihkan Kasur Kapuk

Kasur yang satu ini terbuat dari buah randu. Jika kasur ini terendam banjir maka langkah yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut

Larutkan 5 sendok makan cairan pencuci piring ke dalam wadah berisi air bersih. Gunakan sikat halus untuk menggosok permukaan kasur kapuk dengan larutan air dan sabun pencuci piring tersebut.

Gunakan cairan disinfektan untuk menghilangkan bakteri. Selanjutnya, angkat kasur untuk dijemur di bawah sinar matahari.

Jemurlah kasur sampai benar-benar kering agar baunya tidak apek saat dipakai kembali. Langkah selanjutnya adalah menebas kasur ketika kasur kapuk sudah kering.

BACA JUGA: Tips Menangani Mobil Terendam Banjir

Membersihkan Spring Bed yang Terendam Banjir

Banyak orang yang merasa khawatir kalau spring bed yang basah terendam banjir akan sulit kering dan meninggalkan bau apek.

Kamu bisa kok membersihkan kasur basah dengan cara berikut  langkah-langkahnya:

Sediakan botol semprot, lalu isi botol tersebut dengan air dingin. Agar harum, kamu bisa mencampurkan cairan pewangi pakaian.

Semprotkan air ke kasur spring bed, lalu gosok dengan kain microfiber. Noda akan terserap oleh kain microfiber tersebut. Jemur spring bed di bawah sinar matahari.

Semprotkan cairan disinfektan untuk membunuh jamur pada kasur. Lalu jemur kembali.
Setelah kering, bersihkan spring bed dengan menggunakan alat penyedot debu untuk memastikan bahwa debu-debu di atas spring bed benar-benar hilang.

BACA JUGA: Aplikasi Keren Pemantau Banjir yang Mesti Kamu Download

Membersihkan Kasur Latex

Kasur latex adalah jenis kasur modern masa kini. Selain itu, kasur ini juga cenderung lebih sejuk karena memiliki titik untuk ventilasi udara.

Jika kasur basah terendam banjir kamu bisa membersihkannya dengan cara berikut:

Siapkan cuka putih dan baking soda. Tuangkan cuka putih ke dalam air yang telah disiapkan.

Semprotkan cairan ini pada kain lap, lalu gunakan kain lap tersebut untuk menggosok kasur.

BACA JUGA: Banjir di Jakarta Jadi Sorotan Dunia Internasional 

Jemur kasur latex di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Setelah kasur diangkat, bersihkan debu dengan vacuum cleaner.

Nah, semoga informasi ini berguna buat kamu yang kini bingung membersihkan kasur basah lantaran terendam banjir. (Sbg/Rig)

Comments