Sabigaju.com – Baru-baru ini, karikatur dari salah satu media, yakni TEMPO, sedang jadi sorotan. Karikatur TEMPO tersebut mendapat kecaman dari FPI (Front Pembela Islam) karena dinilai menghina imam besarnya Rizieq Shihab. Akibatnya, ribuan massa pun menyeruduk kantor TEMPO demi menuntut permintaan maaf pada Jumat kemarin (16/3).

Sebetulnya apa sih yang ada pada karikatur TEMPO tersebut? Kartun karya Yuyun Nurrachman ini pasalnya menggambarkan seorang pria bersorban yang sedang berbicara di hadapan seorang wanita. Pria itu mengucapkan, “Maaf… saya tidak jadi pulang” dan sang wanita menjawab “yang kamu lakukan itu jahat”. Sekilas, kartun ini mengingatkan kita pada salah satu scene di film layar lebar “Ada Apa dengan Cinta 2”.

Inilah yang membuat FPI kalang kabut, menilai bahwa TEMPO telah menghina ulama serta imam besarnya. Namun rupanya, ini bukan kali pertama sebuah karikatur memicu keributan dari masyarakat. Beberapa media lain di dunia juga pernah menyebabkan keributan karena salah satu karikatur yang mereka buat. Apa saja karikatur tersebut? Yuk disimak ulasannya.

1. “Islam, agama damai, abadi”
Charlie Hebdo menyindir serangan militan Muslim di Barcelona. (Charlie Hebdo)

Karikatur ini dibuat oleh majalah satir asal Prancis, Charlie Hebdo. Dalam gambar tersebut, telah terpajang dua korban serangan teror di Las Ramblas, Barcelona, oleh militan asal Maroko dengan posisi terbaring di atas genangan darah. Kartun ini juga diselipkan tulisan, “Islam, agama damai, abadi”.

2. “Dalam negara yang penuh korupsi, kita semua penghasut”
Seorang seniman dipenjara karena dinilai menghina PM Malaysia. (Twitter)

Seorang seniman asal Malaysia dipenjara lantaran karyanya. Dalam karikatur yang ia buat, terdapat gambar Perdana Menteri Malaysia Najib Razak sebagai badut dan tulisan “Dalam negara yang penuh korupsi, kita semua penghasut”.

3. “Dia akan membuat mukjizat”
Charlie Hebdo sindir Ibu Negara Prancis. (Facebook)

Karikatur ini kembali datang dari Charlie Hebdo. Dalam kartun tersebut muncul gambar seorang wanita yang tengah hamil dan ada seorang pria didepannya. Terselip pula tulisan “Dia akan membuat mukjizat”. Lewat kartun ini, Charlie Hebdo nampaknya tengah menyindir Presiden Prancis Emmanuel Macron dan istrinya yang sedang hamil.

Kartun ini muncul setelah Presiden Prancis dirumorkan sebagai penyuka sesama jenis. Ada beberapa pendapat yang bilang kalau Charlie Hebdo menyindir rumor tersebut. Namun sebagian lagi mengungkapkan bahwa ini adalah ejekan terhadap keyakinan Emmanuel Macron yang merasa mampu mengubah politik Prancis.

4. Kartun Jokowi oleh Kartunis Jepang
Kartunis Jepang sindir Jokowi soal proyek Kereta Api Cepat Bandung-Jakarta. (Twitter)

Presiden RI Jokowi juga pernah disindir oleh seorang kartunis Jepang, Onan Hiroshi. Dalam karyanya, terdapat beberapa gambar Jokowi yang tengah memohon pihak Jepang untuk menyelesaikan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung. Tak tanggung-tanggung, tulisan “Pengemis Kereta Berkecepatan Tinggi” juga ada pada gambar tersebut.

Nampaknya Onan Hiroshi hendak menyindir Jokowi soal pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung yang harusnya dibantu oleh pihak China. Namun Jokowi terlihat akan meminta bantuan Jepang untuk penyelesaian proyek tersebut.

Nah, itu dia karikatur yang sempat membuat keributan warga di berbagai belahan dunia. Menurut kamu gimana, Sobat Sabi? (sbg/Dinda)

Comments