Tren sepedaan tengah melanda dunia termasuk di Indonesia
(Foto: Unsplash.com)

Sabigaju.com – Tren Sepedaan menjadi Salah satu fenomena menarik yang terjadi di berbagai belahan dunia saat pandemi corona berlangsung. Dan kini sepedaan rupanya juga merasuki banyak warga di Tanah air.

Di beberapa wilayah termasuk Jakarta, tak sedikit warga yang mulai berburu sepeda ataupun memperbaiki sepeda mereka yang sudah lama tidak ditunggangi.

Hal tersebut dikarenakan untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh agar terlindung dari wabah virus Corona atau Covid-19.

Selain itu dengan sepedaaan banyak orang merasa lebih tenang karena terhindar dari kontak dekat dengan banyak orang. Risiko penularan ketika berada di angkutan umum memang banyak dikhawatirkan karena dalam praktiknya jumlah penumpang sulit dikontrol.

Kenaikan penggunaan sepeda bukan hanya karena terbatasnya moda transportasi. Jalanan yang lebih sepi semenjak pemberlakuan PSBB juga menjadi motivasi orang-orang untuk berani menggoes sepedanya di jalan raya.

Apalagi kini kamu bisa sepedaan lantaran  tersedianya jalur khusus sepeda di kawasan perkotaan yang mempermudah para pengguna sepeda dalam berkendara.

Bagi kamu yang  ingin meninggalkan kebiasaan rebahan dan  ingin mencoba bersepeda, berikut sederet hal yang penting diperhatikan:

BACA JUGA: Memakai Sepeda di Fase New Normal Jadi Trend di Eropa

1. Pilih Sepeda yang Tepat

Untuk memilih sepeda yang bagus, kamu harus menetukan medan dari rute yang akan kamu lalui. Untuk bentuk sepeda di medan yang umum yang biasa dipilih pemula, kamu bisa memilih sepeda yang ringan dengan ban yang ramping dan geometri pengendaraan yang efisien.

Sepeda jenis ini dirancang untuk membantumu menavigasi jalur sepeda beraspal dan jalan-jalan kota.

Selanjutnya, pilih sepeda yang sesuai dengan anggaran dan gaya bersepedamu. Apakah kamu akan melakukan perjalanan biasa di akhir pekan?

Apakah kamu ingin menggunakan sepeda untuk berolahraga? Apakah kamu berencana untuk akhirnya melakukan perjalanan jarak jauh? Rangka sepeda memiliki geometri dan komponen tertentu, yang dirancang untuk masing-masing tujuan ini di harga yang ditawarkan.

Pikirkan tentang bagaimana kamu ingin menggunakan sepeda, dan bagaimana kamu mungkin ingin bertumbuh dengan sepeda. Kemudian berdiskusilah dengan toko sepeda untuk menemukan sepeda yang tepat.

2. Bersiaplah

Untuk menunjang  sepedaan  kamu juga mestis menyiapkan perlengkapan penting yang dibutuhkan. Seperti helm  Ini adalah dan harus dipakai setiap saat kamu bersepeda.

Helm memiliki masa simpan, jadi lebih baik pilih yang aman dan membeli yang baru, ketimbang memakai helm lama yang tergantung di garasi.

Helm baru memenuhi standar keselamatan, jadi cobalah semuanya dan pilih yang paling sesuai dengan kepala, gaya, dan anggaran yang kamu siapkan.

Barang-barang penting lainnya termasuk beberapa alat (tuas ban, pompa mini, tabung cadangan, dan multi-alat) dan satu atau dua botol air. Kamu juga dapat memilih monitor bersepeda, yang berguna untuk melacak jarak tempuh dan menavigasi rute.

3. Buat kebiasaan

Langkah pertama agar sepedaaanmenjadi kebiasaan adalah bersikap realistis. Jangan berharap secara ajaib kamu bisa bangun dari kebiasan rebahan  gegara memiliki sepeda baru, atau berencana untuk menempuh jarak jauh terlalu cepat.

Ingat! Semua mulai dari yang kecil yang semakin lama semakin meningkat.

BACA JUGA: Naik Sepeda dan Upaya Memerangi Pandemi Corona

4. Tetap Aman

Agar kamu tetap aman sepedaan  tselama pandemi Covid-19. Pedoman CDC baru-baru ini merekomendasikan agar terus memakai masker kain saat berada di ruang publik.

Saat mengendarai sendirian, selalu bawa alat multi dasar, kartu identitas, uang tunai, dan ponsel untuk menghubungi orang terdekat jika terjadi keadaan darurat.

Selalu patuhi undang-undang lalu lintas setempat saat bersepeda, ini termasuk berhenti di semua rambu berhenti dan lampu merah.

Dan sebaiknya headphone atau earbud juga tidak kamu kenakan saat sepedaan di luar ruangan.

Karena pandemi virus corona masih belum berakhir, sebaiknya bersepeda secara kelompok tak lebih dari lima orang dalam satu kelompok dan tetap menjaga jarak, hindari sentuhan fisik dan memakai masker saat bicara.

BACA JUGA: Sepeda Brompton, Idaman Para Sultan Kekinian

5. Temukan Gaya Sepedaan

Sepedaan adalah olahraga individu dan kelompok yang unik.

Ada banyak cara untuk bersepeda dan menikmatinya, kamu hanya perlu sedikit percobaan untuk menemukan yang mana gaya yang akan kamu pilih.

Mungkin kamu suka bersepeda santai dan non-kompetitif dengan grup, atau kamu lebih suka keluar dan bersepeda sendirian.

Dan jika kamu senang berkelompok, Kamu bisa menemukan grup bersepeda di media sosial atau bergabung bersama teman kantor atau teman-teman se-almamatermu.

So  gaes,  yuk sepedaan tinggalkan rebahan yang unfaedah! (Sbg/Rig)

Comments