Sabigaju.com – Berenang di Kolam renang alam bebas memang punya keasyikan tersendiri. selaian dapat menghirup udara segar kita juga dapat menikmati serunya berenang dikelilingi oleh pepohonan yang hijau dengan keindahan panorama alam sekitar.

Kamu bisa nih menjajal keeruan tersebut di sejumlah Kolam renang alam bebas yang berada di pesisir pantai maupun di tengah hutan di Indonesia gaes. .

Yuk kita cek beberapa kolam renang alam bebas di Indonesia yang super keren dan mesti kamu kunjungi di Tanah Air.

BACA JUGA: Santuy di Hutan Kini Jadi Gaya Libur Kekinian 

1. Danau Labuan Cermin

Kolam renang alam bebas terbaik di Indonesia yang pertama ada di Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Berau. Kolam renang alami ini dijuluki sebagai Danau Labuan Cermin.

(Foto: Instagram.com/ricy_kurniawan_12)

Sesuai dengan namanya, Danau Labuan Cermin ini memiliki air berwarna biru yang sangat jernih dan bersih seolah cermin.

Danau ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun sehingga menimbulkan suasana yang tenang dan segar. Hal ini tentunya akan menambah sesansi seru saat berenang disini.

2. Bah Damanik, Pematang Siantar

Kolam renang alam bebas ini dulunya adalah tempat pemandian para Raja Damanik dan para keluarganya. Jadi, sampai saat ini, Pemandian Alam ini masih terjaga keaslian dan kelestariannya.

Kolam renang alam bebas ini berada di kawasan Ambarisan, Sidamanik, Kabupaten Simalungan, Sumatera Utara. Saat ini dikelola oleh keturunan dari keluarga Raja Damanik.

(Foto: Instagram.com/ricy_kurniawan_12)

Kolam renang alami ini berlokasi di kawasan Sidamanik, Simalungun, Pematang Siantar. Tempat ini cocok sekali buat kamu yang ingin berenang di kolam alami dan jauh dari hingar binger perkotaan.

Suasana alami yang segar masih terjaga keasriannya tentu bisa membuat pikiran dan tubuh kamu menjadi lebih segar.

(Foto: Instagram.com/ikhhhhhhhhh)

Airnya yang jernih tentu bisa membuatmu betah berlama-lama berenang disini. Tak hanya berenang atau berendam, kamu juga bisa bersantai sambil menikmati sejuknya udara di kawasan ini sambil sesekali berfoto.

BACA JUGA: 5 Daya Tarik Wonosobo, Bikin Mata Puas dan Perut Kenyang 

3. Kalibiru, Papua Barat

Kolam renang alam bebas Kalibiru ini bisa dibilang menjadi hidden gem nya Papua. Pasalnya, keindahan sungai ini benar-benar luar biasa seperti ada di negeri dongeng. Tempat menakjubkan ini berada di tengah lebatnya Hutan Waisai.

(Foto: Instagram.com/rabelebar)

Sungai indah ini menjadi salah satu tempat berenang di alam bebas terbaik di Indonesia yang tak boleh kamu lewatkan.

Dulunya Kali Biru ini adalah salah satu tempat sakral Suku Mayalibit untuk berendam sebelum pergi berperang.

(Foto: Instagram.com/gfrench4th)

Suasana Kalibiru juga dikelilingi oleh pepohonan hijau yang menjulang tinggi sehingga menghadirkan suasana tenang dan sejuk.

Hal ini dikarenakan sungai ini berada tersembunyi di balik hutan yang lebat. Tentunya, saat berenang disini kamu bisa merasakan sensasi seru yang berbeda dan mampu membuatmu lupa waktu.

4. Blue Lagoon Sleman, Yogyakarta

Apabila kamu melihat ke dalam Kolam renang alam bebas ini akan terlihat gelembung-gelembung kecil yang muncul dari permukaan tanah.

Hal itu menunjukkan bahwa terdapat air yang terus menerus muncul dari permukaan tanah tersebut.

(Foto: Instagram.com/pandjiwish)

Kesegaran airnya membuat tubuh Anda menjadi rileks dan rasa penat pun langsung hilang. Suasananya yang sejuk karena terdapat banyak pepohonan hijau nan rindang dan udara yang bersih akan membuat Anda betah berlama-lama di sana.

(Foto: Instagram.com/ikhhhhhhhhh)

Di tempat ini tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada. Tempat ini juga telah didukung dengan beberapa fasilitas umum yang bisa digunakan untuk menunjang kenyamanan para pengunjung.

Misalnya toilet umum, ruang ganti pakaian, bahkan juga beberapa warung makan kecil juga telah tersedia di area ini.

BACA JUGA: Main Air di Pulau Moyo Bikin Segar Jiwa dan Raga 

5. Air Terjun Mata Jitu, Sumbawa

Kolam renang alam bebas iniu ini bisa kamu temukan di Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Air terjun ini mendapat julukan sebagai Queen Waterfall karena mendiang Putri Diana pernah berkunjung kesini dan menikmati liburan di kolam alami di air terjun ini.

Mata Jitu di Pulau Moyo
(Foto: Instagram.com/rio_sumbawa)

Hal inilah yang membuat air terjun ini tak hanya terkenal oleh wisatawan lokal saja, namun juga wisatawan mancanegara.

Disini, kamu bisa menikmati pemandangan cantik dari air terjun yang debit airnya deras dan turun melalui undakan batu stalakmit dan stalaktit.

(Foto: Instagram.com lombok_gilatour)

Airnya tentu sangat berning dan bersih serta membentuk kolam alami dibawahnya yang tak kalah menawan.

Kolam alam bebas ini dikelilingi oleh pohon-pohon rindang sehingga kegiatan berenang kamu terasa lebih seru dan segar.

6. Kedung Tumpang

Kolam renang alam bebas ini berada di Pantai anti mainstream, Kedung Tumpang di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Bentuk laguna Kedung Tumpang pun indah, airnya bening dan Anda bisa berenang dengan asyik di sini. Seperti punya kolam renang pribadi dengan view cantik menuju ke laut lepas.

(Sumber: Instagram.com/frontonehoteltulungagung)

Namun perlu diingat, kamu hanya boleh berenang di laguna Kedung Tumpang ini saat sedang surut saja, yaitu pada pagi hari.

Saat air laut sedang pasang, otomatis kamu nggak boleh berenang di Kedung Tumpang karena ombak di sekitar sangatlah kencang, dan sangat berbahaya untuk berenang.

BACA JUGA: Pilihan Wisata Air Terjun Ajib yang jadi Favorit di Masa Pandemi

7. Angel’s Billabong, Klungkung

Kolam renang alam bebas Angel’s Billabong adalah sebuah tempat muara air sungai atau ujung sungai buntu sebelum airnya menyentuh langsung air laut, air sungai tersebut membentuk sebuah kolam yang dikelilingi tebing-tebing karang.

(Foto: Instagram.com/oli.langevin)

Airnya yang jernih sehingga bisa melihat dasar kolam dengan jelas, sehingga tampil cantik dan menawan, menggoda setiap pengunjung untuk berenang menikmati segarnya air laut bercampur dengan mata air alam.

(Foto: Instagram.com/d00shi)

Perlu diingat jika kamu ingin mandi ataupun berenang di kolam tersebut, sebaiknya saat gelombang dan ombak kecil dan air laut. Dan jika air laut sedang pasang dan gelombang besar kamu di larang untuk mandi di sini.

Soalnya ombak sewaktu-waktu bisa masuk ke kolam bisa menghantam dan menyeret pengunjung,

Nah,  Kolam alam bebas  mana nih yang bakal kamu sambangi dalam waktu dekat? (Sbg/Rig)

Comments