Naik Sepeda Motor
Sebuah penelitian baru-baru menemukan fakta mengejutkan ternyata naik sepeda motor bisa membantu seseorang menghilangkan stress. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Tak dipungkiri, naik sepeda motor adalah salah satu aktifitas transportasi yang paling banyak dilakukan di Jakarta bahkan di Indonesia.

Selain terjangkau kalangan menengah ke bawah, naik sepeda motor juga menjadi solusi cerdas untuk mengatasi menghadapi kondisi kemacetan di jalanan yang terjadi hampir setiap saat di Kota Jakarta.

Nah! lantaran kondisi lalulintas yang macet membuat beberapa orang beranggapan kalau berkendara menggunakan sepeda motor bukanlah aktivitas yang menyenangkan dan dapat menimbulkan stres.

Namun, hal tersebut tak sepenuhnya benar. Terlebih sebuah hasil penelitian yang dirilis belum lama ini malah menyimpulkan berkendara sepeda motor malah bisa mengurangi stress yang melanda kita.

BACA JUGA:

Penelitian Dampak Sepeda Motor Terhadap Stress

Belum lama ini sebuah penelitian yang didanai Harley Davidson, mencoba menggali lebih dalam tentang manfaat fisik berkendara. Perusahaan Milwaukee itu bekerja sama dengan Semel Institute for Neuroscience and Human Behavior UCLA.

Dilansir Rideapart, penelitian ini dilakukan kepada 50 pengendara untuk mengetahui efeknya bagi otak. Semua pengendara terhubung dengan mobile electroencephalogram (EEG). Alat itu semacam shower cap yang ditutupi dengan elektroda yang bisa mendeteksi aktivitas otak.

Naik Sepeda Motor
(Foto: Unsplash)

Mereka kemudian diminta untuk berkendara naik sepeda motor. Aktivitas otak dan hormon dipantau sebelum perjalanan, saat mereka berkendara, dan saat mereka beristirahat, untuk melihat perbandingannya.

Hasilnya, ternyata perjalanan tersebut bisa menurunkan stres partisipan sekitar 28 persen. Hanya saja detak jantung meningkat menjadi 11 persen dan tingkat adrenalin naik 27 persen dalam 20 menit berkendara. Bahkan fokus dan kewaspadaan mereka ikut meningkat.

Banyak Hal Menyenangkan Dilakukan dengan Sepeda Motor

Penelitian tersebut seakan menguatkan penelitian yang pernah dilakukan oleh yang dilakukan asuransi spesialis sepeda motor, Lexham, terhadap 2.000 pengguna jalan di Inggris yang menyimpulkan kalau bepergian untuk bekerja dengan naik sepeda motor ternyata lebih tidak stress dibandingkan pakai kendaraan lain.

Naik sepeda motor memang menawarkan kebebasan dan keleluasaan yang gak bisa diberikan oleh moda transportasi lainnya.

Naik Sepeda Motor
(Foto: Insplash)

Coba bayangkan jika di jalan kita menemukan pemandangan kece yang menarik untuk diabadikan, kuliner incaran, atau bahkan jodoh idaman yang mungkin gak bakal ditemui lagi untuk kedua kalinya; dengan sepeda motor

Hal ini seperti angin segar bagi para pekerja yang menghabiskan sepertiga waktunya untuk bekerja di depan komputer. Mungkin agar otak bisa netral lagi, kamu bisa menempuh perjalanan dengan melewati rute-rute yang menyenangkan.

Tapi, jangan lupakan helm dan jaket serta surat-surat penting saat naik sepeda motor biar kamu gag kena tilang. (Sbg/Rig)

Comments