Beranda SABIGAJU+ Kamu Dibully di Tempat Kerja? Begini Cara Mengatasinya

Kamu Dibully di Tempat Kerja? Begini Cara Mengatasinya

5 menit baca
0
0
64

Sabigaju.com – Bullying kini marak terjadi dimana-dimana, bahkan banyak terjadi kasus dibully di tempat kerja. Bullying sendiri merupakan tindakan dimana satu orang atau lebih mencoba untuk menyakiti atau mengontrol orang lain dengan cara kekerasan. Sebenarnya da banyak bentuk bullying.

Ada yang menyakiti dalam bentuk fisik seperti memukul dan sebagainya. Sedangkan bullying dalam bentuk verbal seperti menghina, melontarkan kata-kata kasar yang tidak pantas dan membentak. Seolah sudah seperti hal yang biasa, bullying bisa kita temui di lingkungan rumah hingga di tempat bekerja. Bahkan pelaku dan korban bullying tidak memandang usia. Padahal bullying sangat berbahaya bagi seseorang.

Tanda-Tanda Kamu Dibully di Tempat Kerja

The Trade Union Congress (TUC) mendefinisikan bullying di tempat kerja sebagai “perilaku ofensif, intimidasi, jahat, menghina, memalukan. Penyalahgunaan wewenang untuk melemahkan individu atau kelompok karyawan yang dapat menyebabkan mereka menderita dan stres”.

Berikut tanda-tanda bullying di tempat kerja yang harus kamu ketahui:

  1. Mengkritik staf yang kompeten. Mengambil tanggung jawab mereka atau memberikan mereka tugas yang sepele untuk dilakukan
  2. Berteriak pada staf
  3. Menyebarkan rumor berbahaya tentang staf lainnya
  4. Terus menerus melemahkan orang lain. Baik didepan umum atau pun secara pribadi
  5. Memblokir promosi
  6. Secara sengaja dan terus menerus mengabaikan atau mengecualikan individu dar aktivitas kerja
  7. Membuat seseorang gagal dengan cara membebani mereka dengan pekerjaan atau menetapkan deadline atau tenggat waktu yang tidak mungkin
  8. Sering menjadi bahan lelucon

Sebuah survey TUC mengungkapkan bahwa hampir sepertiga orang mengalami bullying atau intimidasi di tempat kerja. Dengan presentase wanita yang lebih banyak mengalaminya daripada pria. Prevalensi tertinggi bullying di tempat kerja adalah antara 40-59 tahun, dimana 34% terkena dampaknya. Fakta yang paling mengejutkan lagi, hampir tiga perempat (72%) kasus, intimidasi dilakukan oleh manager.

Cara Mengatasi Bullying di Tempat Kerja

Para ahli sepakat bahwa jika tindakan bully dapat memperburuk kesehatan seseorang. Bullying bisa membuat seseorang menderita dan stres. Orang yang mengalami bullying mungkin mengalami kegelisahan, sakit kepala, sulit tdur. Selain itu juga bisa mengakibatkan seseorang kehilangan kepercayaan dirinya. Dalam kasus yang lebih ekstrem, bahkan orang yang mengalami bullying bisa berujung dengan bunuh diri.

Jika kamu merasa di bully di tempat kerja , kamu harus mencoba menyelesaikan masalah tersebut dengan cara informal terlebih dahulu. Menurut gov.uk, badan amal kesehatan mental dan pikiran menyarankan  kamu haru tenang  menjelaskan situasi yang kamu rasakan kepada orang tersebut.

Selanjutnya kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut ini:

  1. Membuat catatan sebagai bukti suatu hari kalau kamu mengalami bullying ditempat kerja. Hal tersebut akan membantu atasan kamu dalam menyelidiki masalah.
  2. Beranilah untuk memberitahu kepada si pembully bahwa kamu tidak terima dengan perlakuannya dan mintalah untuk berhenti.
  3. Kamu bisa mengadukan masalah ini kepada manager yang lebih senior dan disertakan bukti

Dengan kata lain bullying ditempat kerja bisa sangat merusak staf dan menciptakan lingkungan kerja yang tidak kondusif. Jadi, yuk stop bullying dan ciptakan hubungan yang baik dengan sesama.(Sbg/Aqiyu)

 

Comments
Tampilkan Lebih Banyak Artikel Terkait
Tampilkan Lebih Banyak faridsabi
Tampilkan Lebih Banyak Dalam SABIGAJU+
Komentar ditutup

Lihat juga

5 Hal Penting Agar Kembali Semangat Kerja Usai Libur Lebaran

Sabigaju.com – Libur panjang Lebaran bakal segera berakhir. Mayoritas pekerja pun ak…