Hubungan yang sehat
(Sumber foto: D’Marge)

Sabigaju.com – Dalam menjalani hubungan dengan pasangan, pastinya selain menginginkan hubungan yang awet, kita jugalah menginginkan hubungan yang sehat.

Nah, mungkin setelah membaca pernyataan tersebut,timbul pertanyaan apakah dirimu dan Si dia sudah menjalani hubungan yang sehat?

Well, langsung saja kamu simak berbagai tanda dan ciri hubungan yang sehat berikut ini!

Bisa Mendapatkan Kebahagiaan Diri

Meski pasangan kerap membuat kita selalu senang dan bahagia, namun belum tentu secara pribadi diri, kita benar-benar merasa bahagia.

So, kalau saat menjalin hubungan kamu masih sulit merasakan kebahagiaan diri, maka tandanya hubungan kita dan pasangan tidak sehat.

Karena pada hakikinya, hubungan yang sehat itu membuat kamu dan dia merasa bahagia secara individual.

BACA JUGA: Membangun Kembali Kepercayaan yang Telah Rusak Terhadap Pasangan 

Tidak Saling Ingin Merubah Sifat atau Kebiasaan Satu Sama Lain

Misalnya, pasangan kita suka bekerja dengan mendengarkan musik. Sedangkan kita adalah tipe yang bekerja dengan penuh keheningan. Atau katakanlah setelah bangun pagi dia sarapan dulu baru mandi sedangkan kita, kebalikannya.

Nah perbedaan inilah yang sebenarnya membuat hubungan dengan pasangan menjadi unik dan rata-rata langgeng. Karena seperti kata pepatah, perbedaan pada akhirnya, justru akan membuat kita dan dia bersatu padu.

Tapi ironisnya, kita masih sering melihat (atau bahkan kita kerap melakukannya) dimana kita atau pasangan saling ingin merubah atau bahkan memaksakan untuk dapat mengikuti kebiasaan salah satu pihak.

Apabila kalau kamu mengalami hubungan seperti ini, ini tandanya hubungan tidak sehat banget. Jadi, jangan kaget kalau hubungan nantinya tidak akan langgeng sama sekali.

Semuanya Seimbang

Rasanya banyak dari kamu yang sudah mengetahui poin ini bukan? Yap. Yang namanya sebuah hubungan yang sehat, semuanya harus bisa saling berimbang (balance) satu sama lain.

Tidak ada yang merasa terlalu bagaimana atau yang merasa kurang. Intinya semuanya sudah memiliki andil dan porsinya masing-masing dan tentunya, tidak ada yang boleh mencoba untuk mengacaukannya.

BACA JUGA: Benarkah Mirip dengan Pasangan Tandanya Berjodoh? 

Tidak Berlarut-Larut Ketika Menghadapi Masalah

Yang namanya dalam sebuah hubungan (terlebih sepasang kekasih atau suami istri), masalah / konflik pasti akan timbul. Namun apabila hubungan kamu dan pasangan termasuk sehat, pastinya kalian berdua akan segera saling memaafkan atau bahkan melupakan masalahnya.

Kalau, masalah yang ada semakin berlarut-larut dan membuat makin baper, maka mohon maaf guys. Hubungan kalian berdua masihlah jauh dari kata sehat. Good luck banget apabila bisa langgeng lama!

BACA JUGA: Sudah Punya Pasangan, Kok Merasa Kesepian? Awas Potensi Kematian

Memutuskan Segalanya Bersama-sama

Ketika kita sudah memutuskan untuk melakukan hubungan dengan pasangan, otomatis, kita sudah tidak bisa lagi bertindak atau memutuskan apa-apanya secara sendirian atau sepihak.

Apalagi, jika keputusan yang diambil adalah untuk kepentingan bersama. Wah sudah pasti harus diputuskan melalui proses musyawarah atau rembukan bersama.

Selain itu perlu diingat nih. Kalaupun memang memutuskannya secara individual, kita WAJIB mempertimbangkan juga baik-buruk, positif-negatif, A B dan C-nya terhadap pasangan kita. Alias jangan main asal memutuskan saja!

Mau Mendengar dan Menerima Opini Pasangan

Poin ini agak-agak mirip dengan poin sebelumnya. Intinya, kalau sudah memutuskan untuk berhubungan dengan pasangan, maka kita tidaklah boleh egois sama sekali dan yang paling penting, open minded.

Kalau kita masih sering bersikukuh dengan pendapat sendiri atau tidak menerima kritikan, yang ada hubungan yang terjalin lama-kelamaan akan terus diwarnai oleh konflik yang tentunya hal ini bukan hubungan yang sehat.

BACA JUGA: Nih, Arti Posisi Bobok dengan Pasangan yang Perlu Kamu Tahu

Hubungan Suka Sama Suka

Dan inilah poin paling . Sebuah hubungan dikatakan sehat bukanlah hanya dikarenakan selalu saling menghargai atau mau mendengarkan pendapat satu sama lain saja.

Hubungan baru dikatakan super sehat apabila hubungan yang terjalin dilandasi suka sama suka alias, tidak ada rasa keterpaksaan atau yang paling buruk, karena “kasihan”.

Apabila hubungan kalian memang seperti ini, selamat berarti kamu dan dia  menjalani hubungan yang sehat. (Sbg/Mrv)

Comments