iPhone 12 Pro Max memiliki berbagai keunggulan dari sisi kamera
(Kredit: Phone: Arena)

Sabigaju.com – Setelah cukup lama dinanti bahkan sempat tertunda, Apple resmi meluncurkan jajaran iPhone 12  terbaru di sebuah acara peluncuran bertajuk “Hi, Speed” yang digelar secara virtual, pada Rabu (13/10/2020) pukul 00.00 WIB dinihari tadi.

Ada empat varian iPhone 5G yang diluncurkan Apple untuk tahun 2020, yakni mini, reguler, Pro, dan Pro Max.

Nah sabigaju mau bahas tentang kerennya iPhone 12 Pro Max yang punya keunggulan signifikan untuk kameranya.  So simak nih gaes!

BACA JUGA: Apple Hi Speed Bakal Hadirkan Kejutan Buat Para Fanboy? 

1. Jangkauan lensa lebih besar

Kamera dengan lensa tele di iPhone 11 Pro punya zoom 2x, begitu juga di iPhone 12 Pro. Namun di iPhone 12 Pro Max, zoomnya sedikit lebih besar, yaitu 2,5x.

Apple menyebut iPhone 12 Pro Max punya 5x optical zoom range, namun ini bukan berarti kamera ponsel itu punya kemampuan zoom 5x, karena itu adalah jumlah zoom jika dihitung dari kamera ultrawide sampai ke kamera dengan lensa tele.

Alias rentang zoom maksimal yang bisa dicapai dari kamera ultrawide dengan 2x zoom out dan lensa tele dengan 2,5x zoom in.

iPhone 12 Pro Max punya ukuran sensor yang lebih besar ketimbang sebelumnya, bahkan dibanding iPhone 12 dan iPhone 12 Pro, meski resolusinya sama-sama 12 megapixel.

Sensor di iPhone 12 Pro Max ini ukuran pixelnya 1,7 mikron, berbanding 1,4 mikron di seri iPhone 12 lainnya. Sensor yang lebih besar artinya jumlah cahaya yang bisa ditangkap juga lebih banyak, atau performa di kondisi gelap lebih baik.

Sensor besar ini dibantu dengan penggunaan diafragma lensa yang lebih besar dibanding  Pro, yaitu f/1,6.

Kombinasi keduanya membuat Apple bisa mengklaim kalau 12 Pro Max punya peningkatan 87% di performa kurang cahaya dibanding sebelumnya.

2. Apple ProRAW

Sementara dari sisi software, Apple juga menerapkan format RAW baru, yaitu Apple ProRAW. Apa bedanya dibanding sebelumnya?

iPhone sebelumnya juga sudah bisa memotret dengan format RAW, yang membuatnya lebih fleksibel ketika diolah di software seperti Adobe Lightroom Mobile.

Namun format ini membuat foto tak bisa memanfaatkan pemrosesan gambar di aplikasi bawaan iPhone, seperti Deep Fusion.

Nah, di ProRAW, Apple mengklaim kalau foto RAW yang ada juga bisa memanfaatkan pemrosesan tersebut.

Namun memang data pengolahannya tak disimpan semua, seperti white balance, yang membuatnya tetap fleksibel di software pengolah foto.

BACA JUGA: Dear Fanboy, Nih Sederet Kado dari Apple Event 2020 

3. Sensor Shift

Kamera belakang di iPhone 12 Pro Max menggunakan teknologi stabilisasi sensor dengan sensor shift — lazim dipakai di kamera mirrorless.

Sensor ini bisa mengkompensasi getaran di bodi ponsel dengan menggerakkan sensornya, mencapai 5000 pengaturan mikro setiap detiknya.

Dengan teknologi ini, Apple mengklaim penggunanya bisa memotret dengan shutter speed dua detik secara handheld. Fitur ini juga berguna untuk menghasilkan perekaman video yang lebih stabil.

4. Deep Fusion

Ya, Deep Fusion bukan fitur baru di iPhone, namun kini fitur fotografi komputasional itu tersedia di semua kamera.

Baik itu kamera utama, tele, ultrawide, sampai kamera depan. lalu ada juga Smart HDR 3 yang diklaim bisa menghasilkan gambar yang lebih nyata, bahkan di kondisi pencahayaan yang kompleks.

Tak cuma itu, Night Mode pun kini juga bisa dipakai di kamera depan TrueDepth dan kamera ultra widenya.

Sementara itu ada juga Night Mode Time-Lapse yang bisa menghasilkan video lebih tajam, light trail lebih baik saat memakai tripod.

5. LiDAR

Varian Pro di iPhone 12 juga kebagian LiDAR, yang pada dasarnya adalah sensor radar berbasis laser. Fungsinya adalah mengukur jarak antara objek dan kamera.

Nah, di iPhone 12 Pro ini LiDAR dipakai untuk fungsi autofokus kamera di kondisi kurang cahaya, di mana biasanya kemampuan autofokus bawaan kamera mengalami penurunan, baik dari kecepatan maupun akurasi.

Apple mengklaim performa autofokus dengan LiDAR di kondisi kurang cahaya enam kali lebih baik.

BACA JUGA: Mewahnya Kantor Pusat Apple di California 

6. Dolby Vision dan HDR dalam Video

Keunggulan kamera iPhone 12 Pro dan Pro Max  adalah juga bisa merekam video HDR, dan ini adalah iPhone pertama yang bisa melakukan itu.

Video bisa direkam dalam HDR 10-bit, dengan 700 juta warna (60 kali lebih banyak ketimbang sebelumnya.

Dan kerannya lagi, Pro Max juga jadi kamera pertama yang bisa merekam dalam format Dolby Vision HDR sampai dengsn 60 fps.

Dolby Vision adalah format HDR milik Dolby, yang dipakai di banyak studio dan didukung banyak televisi.

Sekarang kebayangkan kerennya vidio para apple fanboy yang enggunakan iPhone 12 Pro Max! (Sbg/Rig)

Comments