Pria mengenakan kacamata
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Selain rajin mencuci tangan hingga menjaga jarak fisik dan sosial, upaya lain untuk membantu mencegah infeksi viru Corona atau COVID-19 bisa dilakukan dengan mengenakan kacamata sebagai alat pelindung diri (APD)

Meski penularan virus corona Covid-19 melalui mata cukup rendah, namun tidak ada salahnya kamu mengenakan kacamata.

Hal ini tak lepas dari saran dari para ahli kesehatan agar kita tidak menyentuh wajah, hidung, mulut, maupun mengucek mata untuk mencegah penularan virus corona Covid-19.

BACA JUGA: Bukan Nonton Film, Baca Riset Ilmiah untuk Antisipasi Corona 

Alasan Kacamata Jadi APD

Alasan yang bisa menjadi pertimbangan kalau kacamata bisa menjadi APD  tak lepas dari karena Virus COVID ini umumnya ditularkan melalui tetesan dari batuk atau bersin orang yang terinfeksi.

Nah, Tetesan tersebut dapat masuk ke tubuh orang lain melalui hidung, mulut, atau dalam beberapa kasus, mata

Menurut Robyn Gershon, profesor epidemiologi di New York University School of Global Public Health mengatakan orang-orang yang sudah memakai kacamata, itu bisa memberi mereka ukuran perlindungan.

“Dengan kacamata,percikan besar atau tetesan tidak bisa langsung masuk ke mata.” Tegasnya.

BACA JUGA: Merokok dan Nge-Vape Beresiko Kena COVID-19

Hal itu diamini pula Jake Deutsch, dokter yang berbasis di Manhattan dan direktur klinis serta co-founder Specialty Infusion. Deutsch setuju dengan tindakan yang lebih baik daripada tidak sama sekali.

“Masuk akal menggunakan tindakan pencegahan apa pun yang melindungi wajah kita, termasuk mata, itu akan bermanfaat,” kata Deutsch.

Ia mengatakan, kacamata adalah solusi mudah dan sederhana untuk mencegah paparan. Namun, ia mengingatkan, kacamata itu harus dipakai untuk melengkapi tindakan pencegahan normal, seperti melindungi wajah dan menghindari orang sakit.

Ada alasan lain mengapa kacamata bisa menjadi ide yang bagus. “Ini penghalang, sehingga kita tidak menyentuh mata kita,” kata Gershon, yang menambahkan bahwa menyentuh wajah adalah risiko nyata.

BACA JUGA: Ngumpul Sama Teman, Ide Buruk Ditengah Pandemi COVID-19

Hentikan Menggunakan Lensa Kontak

Nah, kamu juga disarankan menghindari kebiasaan menggunakan lensa kontak dan menggantinya  dengan kacamata untuk menghindari infeksi virus corona COVID-19.

“Ganti lensa kontak dengan kacamata untuk mengurangi iritasi dan menghindari Anda menyentuh mata,” kata Dr. Sonal Tulsi dari American Academy of Ophthalmology.

Hal ini bukan tanpa alasan, cara penggunaan lensa kontak menggunakan tangan bisa meningkatkan risiko infeksi virus corona COVID-19.

Lebih dari itu saat ini kita dianjurkan agar tidak menyentuh wajah, terutama mata, hidung dan mulut untuk menghindari infeksi virus corona COVID-19.

Ini artinya, orang yang sering menggunakan lensa kontak untuk sehari-hari perlu menghentikan kebiasaannya. (Sbg/Rig)

Comments