Presiden Joko Widodo tengah memegang obor yang akan digunakan untuk membuka ajang Pembukaan Asian Games 2018. (Foto: Setkab)
Presiden Joko Widodo tengah memegang obor yang akan digunakan untuk membuka ajang Pembukaan Asian Games 2018. (Foto: Setkab)

Sabigaju.com – Hari ini Sabtu ( 18/8) perhelatan bersejarah bagi bangsa Indonesia, Asian Games 2018, resmi dibuka. Ajang Asian Games 2018 pun digadang-gadang menjadi jadi kesempatan Merah Putih berkibar bukan hanya di Benua Asia, tapi juga di dunia.

Indonesia menjadi tuan rumah bagi kontingen dari 45 negara. Ini kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah, yang pertama pada era Presiden Bung Karno pada 1962.

Asian Games 2018 digelar di Jakarta dan Palembang. Khusus sepakbola ada yang digelar di Bandung juga sekitar Jakarta yakni Cikarang, Cibinong dan Bekasi.

View this post on Instagram

Penutup rangkaian Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka pada tahun ini menjadi berbeda dengan adanya kirab obor Asian Games 2018. Prosesi yang diselenggarakan beberapa saat sebelum berlangsungnya Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih tersebut melibatkan langsung Presiden Joko Widodo. . Sebelum menjemput obor tersebut, Presiden terlebih dahulu menerima laporan dari Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. . Dalam laporannya, Puan menyampaikan bahwa obor Asian Games telah melalui 63 titik di 54 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. “Dari Sumatra hingga Papua, dari dasar laut hingga ke langit Indonesia,” kata Puan. . Kedatangan obor di kota dan kabupaten yang dilalui disambut dengan semangat dan riang gembira oleh masyarakat. . “Api Obor ini adalah lambang semangat membara seluruh rakyat Indonesia untuk menyukseskan Asian Games ke-18 tahun 2018,” kata Puan. . Dengan didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Kepala Negara dari mimbar kehormatan berlari kecil menuju gerbang sayap barat Istana Merdeka. Di sana telah menunggu atlet legendaris Indonesia Verawaty Fajrin yang merupakan pebulu tangkis nasional era 80-an beserta atlet legendaris lainnya. Verawaty kemudian menyerahkan obor Asian Games kepada Presiden Joko Widodo yang telah tiba di titik penyerahan pertama. . "Saya serahkan api Asian Games 2018 kepada Presiden Republik Indonesia,Bapak Joko Widodo," kata Verawaty saat hendak menyerahkan obor Asian Games. . 📷 BPMI – Setpres

A post shared by Kemensetneg.RI (@kemensetneg.ri) on

Sebagai tuan rumah Indonesia pasang target optimis, tembus 10 besar klasemen akhir 9medali. Empat tahun lalu di Asian Games 2014 Incheon, Indonesia hanya nyaris tembus 10 besar.

Indonesia mencatatkan sejarah baru untuk kontingen Asian Games kali ini. Pada edisi 2018 ini, Indonesia diperkuat oleh 940 atlet. Jumlah ini menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia dalam pesta olahraga terbesar se-Asia itu. Belum lagi, jumlah ofisial yang akan terlibat. Setidaknya, ada 1.400 orang yang memperkuat Indonesia di Asian Games 2018.

Ceremony Luar Biasa di Pembukaan Asian Games 2018

Asian Games 2018 akan dibuka dengan sebuah pertunjukan sebuah tontonan kolosal sebagai bukti kepada dunia bahwa Indonesia adalah sebuah bangsa yang besar dan mampu menyelenggarakan sebuah event berskala internasional.

Pada pelaksanaannya nanti, acara tersebut akan melibatkan sekitar 6.000 artis yang meliputi musisi, penari, tim kreatif, teknisi, dan produksi.

View this post on Instagram

I am an Indonesian.. ❤ #asiangames2018 #ceremonyasiangames2018

A post shared by mimi (@miranti.adriana) on

Menariknya, usia dari pengisi acara pada pembukaan ini sangat beragam, yakni dari yang termuda 9 tahun hingga yang tertua 77 tahun. Pertunjukan megah ini memiliki konsep yang akan memperlihatkan ragam budaya Indonesia namun tetap mengusung persatuan.

Pembukaan Asian Games 2018 yang diperkirakan akan disaksikan oleh miliaran penonton di dunia ini akan menampilkan artis Indonesia berkelas internasional, Anggun, yang ikut menyemarakkan pembukaan Asian Games 2018.

Tidak ketinggalan, artis top lainnya juga akan tampil pada momen bersejarah ini, antara lain adalah Raisa, Tulus, Edo Kondologit, Putri Ayu, Fatin, GAC, Kamasean, dan Via Vallen akan menambah kemeriahan pembukaan Asian Games 2018 dihadapan lebih dari 42 ribu penonton langsung.

Para artis pengisi acara akan tampil di atas sebuah panggung yang spektakuler, yang merupakan salah satu yang terbesar dan tertinggi dibandingkan acara sejenis.

Panggung dengan ukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter, serta tinggi 26 meter tersebut akan bernuansa pemandangan gunung yang besar dan dilengkapi dengan berbagai tumbuhan flora ciri khas Indonesia yang cantik. Panggung tersebut diisi dengan lebih dari 12.775 tanaman dan bunga, serta area tanaman tambahan yang mencakup lebih dari 1.350 meter persegi.

Pengalihan Arus Lalu Lintas

Dinas Perhubungan (Dishun) DKI Jakarta kembali menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas. berkaitan dengan upacara pembukaan Asian Games 2018 yang akan berlangsung pada hari ini di kawasan Gelora Bung Karno ( GBK), Senayan.

Pertama dengan melakukan penutupan ruas jalan dan kedua pengalihan arus lalu lintas. Sementara untuk waktunya akan dilakukan pada pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai. Penerapan skema penutupan ruas jalan akan dilakukan pada tiga titik di kawasan GBK yang meliputi :

Jalan Gerbang Pemuda sisi Selatan ditutup (mulai dari Flyover Senayan) dan putaran balik di bawah Flyover Senayan (Barat–Barat).

Jalan Asia Afrika sisi Timur (dimulai dari TL Hotel Mulia sampai dengan TL Hotel Fairmont) c. Jalan Pintu Satu Senayan Sementara untuk pengalihan arus akan dilakukan untuk laju kendaraan dari arah Utara atau Slipi dan dari arah Semanggi.

Bagi kendaraan dari Slipi yang akan menuju Permata Hijau dialihkan melalui Jalan Gatot Subroto-Bundara Semanggi-Jalan Jenderal Sudirman-Bundaran Senayan, dan seterusnya.

Untuk kendaraan dari arah Semanggi yang hendak menuju TVRI, dialihkan melalui ruas Jalan Gatot Subroto-Jalan Tentara Pelajar-Jalan Gelora-dan Seterusnya. (Sbg/Rig)

Comments