E-book Lengkap dan Gratis
Sumber: LiveMint

Sabigaju.com – Semakin hari semakin canggih saja teknologi yang ditawarkan. Hal tersebut tentu saja mempermudah semua orang untuk mendapatkan segala informasi dengan mudah. Tak terbatas waktu dan ruang. Begitu juga dengan e-book atau buku digital.

Jika dulu kita harus membeli buku ke toko buku atau harus meminjam buku ke perpustakaan, now reading book is just a click. Bermodalkan paket data, sobat sabi bisa mengakses dan mendownload e-book apa saja yang ingin dibaca. Lebih praktis, bukan?

Biasanya e-book dibuat dalam format pdf atau ms. Word yang kompatibel dengan gadget saat ini. E-book dapat diakses lebih mudah karena kini banyak situs atau apps yang menyediakan e-book. Meski e-book dirasa akan menggeser buku dalam bentuk fisik, namun tidak akan melanggar hak cipta.

Empat Situs dan Apps Penyedia E-book Lengkap dan Gratis yang Legal

1. Freebookspot

Dari namanya saja sudah kelihatan kalau e-book yang disediakan di freebookspot ini free alias gratis. Ada lebih dari 90 kategori buku dan 30 ribu judul buku yang bisa kamu pilih sesuka hati. Untuk mencari buku yang kamu mau juga tidak pakai ribet. Kamu bisa mencari berdasarkan judul, bahasa, pengarang, nomor ISBN dan lainnya. Untuk mendownload e-book di situs ini juga tidak perlu registrasi.

Cara mendownload e-book di freebookspot ini mudah. Pertama pilih kategori yang kamu mau, kedua klik link bukunya, terakhir pilih free download dan masukkan kode yang muncul.

2. Scribd

Scribd adalah apps untuk berbagi dokumen dalam format ipaper. Selain bisa berbagi tulisan yang kamu punya, di scribd ini juga terdapat ebook. Sebelumnya untuk mendownload e-book di scribd gratis dan tanpa register. Namun, kini e-book di scribd telah dikategorikan dan penggunanya harus membayar dulu sebelum mendownloadnya.

Kamu harus berlangganan arsip atau archive subscription dan dikenakan biaya. Pihak scribd menyediakan beberapa paket berbayar untuk berlangganan e-book, ada yang harian, bulanan atau bahkan tahunan. Scribd sekarang mempunyai 50 pengguna dan 50 ribu dokumen dimuat setiap harinya.

3. Google Play Book

Google play book juga salah satu aplikasi yang memudahkan penggunanya membaca buku. Di google play book tersedia banyak e-book, baik internasional maupun nasional. E-book yang tersedia di google play book ini ada yang free dan ada juga yang premium (berbayar).

Harga e-book yang dijual pun sangat terjangkau. Lebihnya lagi, kalian bisa dapat sampel gratis sebelum membelinya. Sedangkan untuk bentuk e-booknya sendiri, google play book merancangnya seperti buku asli. Di google play book ini juga akan menyimpan halaman terakhir yang kamu baca. Sehingga membuat kamu lebih nyaman saat membacanya.  Selain itu, kamu juga bisa menjual karya kamu disini loh.

4. Ebookdirectory

Hanya dengan menjadi member di ebookdirectory, kamu bisa mengunduh 20 ribu e-book yang tersedia di situs ebookdirectory. Kalian tidak perlu membayar sama sekali untuk mengunduh e-book di situs ini. Jadi cocok bagi kamu memiliki budget terbatas untuk membeli buku. Sedangkan kategori e-book yang ditawarkannya pun cukup lengkap mulai dari buku anak-anak, IT atau komputer, bisnis dan masih banyak lagi.

Saat ini akses untuk membaca sudah menjadi lebih mudah dan murah dengan banyaknya akses e-book lengkap dan gratis. Yuk, Soba Sabi, mulai budayakan membaca sejak sekarang! (Sbg/Aq)

Comments