Sabigaju.com – Indonesia kaya, mungkin pernyataan ini memang benar adanya. Buktinya saja, ada beberapa barang asli Indonesia yang dijual dengan sangat mahal di luar negeri loh, Sobat Sabi!

Pembahasan kali ini mungkin bakal berguna banget untuk kamu yang berencana membangun bisnis di luar negeri. So, langsung aja disimak ya!

1.  Sandal Jepit
Kaskus

Mungkin kamu masih ingat dengan fenomena melambungnya harga sandal jepit merek Swallow di Korea Selatan. Ya, sandal jepit asli Indonesia ini dibanderol dengan harga 20 dolar AS atau sekitar Rp240 ribu! Ini karena salah satu personel boyband EXO asal Korea Selatan, Sehun, memakainya saat berkunjung di Indonesia.

2. Tempe
Wikipedia

Selain memiliki nutrisi tinggi, tempe juga punya nilai ekonomis yang luar biasa, tapi tentu saja jika kamu menjualnya di luar negeri. Jika di Indonesia sendiri kamu bisa membelinya dengan harga Rp5000, di Perancis, Jepang, Swiss, dan beberapa negara lainnya tempe dijual dengan harga ratusan ribu!

3. Daun Pisang
Khasiat

Daun pisang mungkin saja bisa tumbuh liar di Indonesia, tapi tidak di Jepang! Buktinya, daun yang sering dipakai untuk pepes dan masakan lain ini dijual dengan harga Rp295 ribu per lembar! Bisa bayangin, kamu bakal sekaya apa di Jepang?

4. Mie instan
Kpop chart

Mie instan memang favoritnya banyak orang. Di Indonesia, kamu mungkin bisa membelinya dengan harga Rp3000 di warung klontong. Tapi tahukah kamu bahwa harga mie instan asli Indonesia dijual dengan harga Rp11 ribu di Korea Selatan?

5. Tampah
Bukalapak

Wadah lebar dari anyaman bambu ini memang sering dipakai para ibu-ibu di dapur. Tapi di beberapa negara, tampah dipakai untuk dekorasi ala rustic dengan harga ratusan ribu, loh!

Itu dia lima barang asli Indonesia yang bisa bikin kamu kaya raya jika dijual di luar negeri. Pengin coba? (sbg/Dinda)

Comments