Banyak negara yang kini tengah memasuki masa resesi.
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Bayang-bayang  masa resesi kini menghantui banyak negara di dunia. Ini karena pandemi COVID-19 yang belum menemukan titik ujungnya.

Sejumlah negara maju seperti Korea Selatan, Jerman, Singapura, Perancis, Italia, hingga Amerika Serika bahkan kini tengah  menjalani masa resesi.

Banyak pengamat yang mengatakan bahwa Indonesia sendiri masih bisa mengantisipasi ancaman ini. Namun tetap saja, kita mesti banget berjaga-jaga soal masa resesi ekonomi ini.

Masa resesi adalah sebuah situasi terjadinya  penurunan kegiatan ekonomi secara signifikan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Resesi terjadi apabila produk domestik bruto (PDB) negatif, penggangguran meningkat, penurunan penjualan, ukuran pendapatan, manufaktur kontraksi dalam periode yang panjang.

Akibatnya, akan ada banyak yang kena PHK massal, daya beli masyarakat turun drastis, perusahaan kehilangan peluang penjualan dan output ekonomi secara keseluruhan menurun.

Lantas, bagaimana kita mempersiapkan diri menghadapi masa resesi?

BACA JUGA: 5 Bisnis yang Bisa Kamu Coba di Tengah Pandemi Covid-19!

Siapkan Tabungan

Kamu harus mulai menghemat sebisa mungkin untuk memiliki tabungan terlebih di masa resesi. idealnya kita menyimpan dana cadangan sebanyak 3-12 bulan pengeluaran bulanan dalam suatu keluarga.

Ini demi berjaga-jaga jika nantinya kita terkena pemotongan gaji dan PHK di masa resesi nanti. Sekalinya kamu sudah terkena PHK, maka kamu bisa memulai bisnis kecil dari sekarang dan berhemat akan keuntungannya.

Jangan Mengekspansi Usaha Dulu

Untuk kamu yang memiliki usaha, disarankan untuk tidak terburu-buru mengekspansi usaha atau mengembangkannya saat memasuki masa resesi. Simpan dana darurat untuk beberapa waktu ke depan.

BACA JUGA: Jawab Dulu 4 Pertanyaan Ini Sebelum Kamu Resign dari Kantor

Jangan Resign

Bagi  kamu yang saat ini masih bekerja, disarankan untuk tahan dulu niatnya jika ingin pindah kerja atau resign dari perusahaan karena saat ini adalah waktu yang sulit untuk mencari pekerjaan.

Kamu hanya perlu bertahan dan bekerja dengan maksimal untuk berjaga-jaga adanya PHK. Pekerjaan kamu bisa dinilai baik dan kamu akan dipertahankan perusahaan.

Bayar Hutang

Membayar hutang akan membebaskan kamu dari segala macam tekanan di masa depan. Belum lagi jeratan bunga jika kamu nantinya tak mampu membayar.

Ketika individu atau bisnis berutang terlalu banyak, biaya untuk melunasi utang dapat meningkat ke titik di mana mereka tidak dapat membayar tagihan mereka

Selesaikan hutang dan jangan menunda selagi kamu masih punya uang.

BACA JUGA: Pandemi Covid-19 Percepat Era Robot Gantikan Manusia?

Tingkatkan Keterampilan

Jika kamu memang terpaksa kena PHK, memiliki keterampilan adalah salah satu jawabannya. Kamu bisa membuat usaha sendiri sehingga nantinya bisa mandiri secara finansial.

Resesi memang pernah terjadi pada Indonesia ketika krisis di tahun 1998.  Saat itu kita baru bisa bangkit selama lima tahun lamanya.

Nah, krisis pada masa iresesi tu bisa kita jadikan pelajaran untuk ke depannya. Jadi, tetap semangat ya gaes! (Sbg/Dinda)

Comments