Sabigaju.com – Keceriaan Ramadhan adalah yang paling ditunggu oleh seluruh umat di dunia. Di Indonesia sendiri, ciri khas Ramadhan adalah ramainya jajanan buka puasa di berbagai titik. Dari mulai perumahan, perkantoran, sekolah hingga pusat perbelanjaan, dibanjiri tukang dagang makanan.

Bicara soal makanan, beberapa jajanan khas ini biasanya hadir hanya di bulan puasa, lho! Ayo cek dan siap-siap berburu jajanan ini.

1. Es Blewah

Ini adalah jenis minuman pelepas dahaga yang terbuat dari blewah diserut panjang, dicampur air, es dan gula. Tanpa repot, sebetulnya es blewah bisa dibuat sendiri di rumah. Segarnya dijamin membuat buka puasamu terasa nikmat.

2. Kolak

Terbuat dari irisan pisang, ubi, singkong dan terkadang kolang kaling, kolak juga mengandung santan. Seperti yang kalian mungkin tau, santan bisa membuat perut kita sedikit terisi setelah puasa seharian. Jadi wajar jika kolak adalah menu andalan buka puasa.

BACA JUGA: 5 Aneka Menu Pasta yang Bisa Kamu Masak Sendiri di Rumah

3. Biji Salak

Merupakan makanan khas Sumatera Barat, makanan ini terbuat dari ubi jalar, tepung, gula dan air. Pembuatannya yang termasuk rumit, kolak biji salak bisa kamu jadikan pilihan jajanan buka puasa. Tidak perlu bikin sendiri, pedagang kolak biji salak sudah pasti ada di sekitarmu saat musim Puasa nanti.

4. Sirup Marjan

Siapa yang tidak kenal minuman es dicampur sirup Marjan? Ya, produk keluaran Martina Berto ini merupakan salah satu pionir minuman buka puasa yang klasik. Warna dan pilihan rasanya beragam sehingga berbuka puasa jadi ceria dan tetap praktis dengan sirup Marjan.

5. Bubur Kampiun

Lagi-lagi dari Sumatera Barat, bubur kampiun menggunakan tepung ketan, ketan hitam dan putih sebagai bahan utamanya. Bentuknya yang begitu unik diiringi dengan rasa manis yang mengenyangkan untuk buka puasa.

6. Asida

Makanan asli Arab yang diadaptasi khas di Tapanuli ini berbentuk dodol kenyal yang wangi. Selain baunya yang menggugah selera, tampilan asida juga mirip dengan dodol. Uniknya setelah dicoba, rasanya sungguh berbeda dan teksturnya lembut serta rasanya manis.

7. Kelapa Kopyor

Berbeda dengan kelapa pada umumnya, kelapa kopyor memiliki bentuk yang lebih lembut pada dagingnya. Dicampur dengan sirup dan air serta es, jadilah santapan buka puasa yang menyegarkan dahaga.

8. Ketan Bintul

Makanan khas Banten ini mengutamakan ketan sebagai bahan utamanya. Konon disebut sebagai makanan kesukaan para Sultan dan Raja Banten, Ketan Bintul dilestarikan sebagai menu buka puasa. Tidak seperti makanan manis lainnya, ketan bintul justru melibatkan srundeng kelapa sebagai pelengkap rasa gurihnya.

BACA JUGA: Wah, Kalori Es Kepal Milo Ternyata Setara Makanan Berat

9. Teh Botol Sosro

Tanpa bermaksud mendiskreditkan merek lain, tapi merek asal Sosro ini memang termasuk pionir. Selain karena iklannya yang gencar, rasanya pun dianggap pas untuk memaniskan buka puasa kamu.

10. Es Pisang Ijo

Berasal dari Sulawesi Selatan, tepatnya Makassar, tentu dari namanya jelas bahwa makanan ini terbuat dari pisang. Yang membuatnya unik adalah campuran warna hijau sebagai tepung pelapis pisang. Tidak lupa warna merah muda sebagai sirup yang memaniskan rasa pisang ijo ini. Es pisang ijo juga bisa jadi makanan andalan kamu saat berbuka nanti.

Silahkan catat menu-menu yang asing di atas tersebut, supaya saat puasa nanti, jajananmu makin bervariasi. Perut yang lapar seharian, ditambah pilihan menu yang menggugah selera, tentunya jadi kombinasi tepat untukmu jajan enak. (sbg/Novel)

Comments