kegagalan
Banyak orang tak menyadari, bahwa sebuah kesuksesan sangat dekat dengan orang gagal. (Foto: Hufpost)

Sabigaju.com –  Tak sedikit orang yang memiliki ketakutan untuk meraih kesuksesan. Yup benak mereka kerap dihampiri rasa takut akan kegagalan. Bagi mereka, kegagalan bisa menghalangi kesuksesan.

Padahal tanpa diketahui oleh banyak orang, sebuah kesuksesan sangat dekat dengan orang gagal.

Kali ini Sabigaju mau mengupasnya buat kamu, agar jangan takut saat mengalami kegagalan.

BACA JUGA: Kebiasaan Orang Sukses yang Bisa Menular Bila Kamu Lakukan 

Ingat! Kesuksesan Bukan Nasib

Sukses itu bukan nasib yang bisa kamu dapatkan secara instan. Harus ada perjuangan yang perlu dilakukan jika ingin mencapai kesuksesan itu sendiri.

Selain itu, karakter yang kamu punya juga bakal menentukan apakah kamu bisa mencicipi kesuksesan atau kegagalan.

Orang gagal di sini adalah mereka yang gagal, namun memilih untuk tidak menyerah. Inilah alasannya kenapa orang yang gagal dekat dengan kesuksesan!

Banyak lho orang sukses yang sebelumnya menjadi orang gagal terlebih dahulu. Contohnya nih Thomas Alva Edison dalam menyempurnakan lampu hingga sempurna dan bisa digunakan secara besar-besaran di dunia.

BACA JUGA: Empat Buku Super yang Bakal Mengubah Dirimu Menjadi Manusia Berarti 

Rasakan Kegagalan Tapi JanganTakut!

Saat mengalami kegagalan, sering kali orang menyarankan kita untuk tidak larut dalam keterpurukan dan segera beranjak melanjutkan hidup. Namun, sekelompok ilmuwan menyarankan sebaliknya.

Menurut penelitian mereka, merasakan betapa sakitnya kegagalan justru membuat kamu lebih giat berusaha membenahi kesalahan, dan menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

“Memahami bagaimana kinerja akan berbeda ketika berfokus pada perasaan dan pikiran benar-benar dapat memengaruhi cara orang berpikir tentang kegagalan mereka atau cara pandang pengusaha tentang kegagalan karyawan mereka,”ujar Noelle Nelson, asisten profesor pemasaran dan perilaku konsumen di University of Kansas School of Business dilansir situs Futurity.

BACA JUGA: Lima Hal Penting yang Menghalangimu Menjadi Orang Sukses 

Berani Mengambil Risiko Membuat Kita Tumbuh

Nah Kalau Sikap mental kita kuat maka kesuksesan pun tak kenal umur. Setua apapun usia seseorang jika ia gigih dan terus berinovasi maka kesuksesan akan memanggilnya.

Kebanyakan, seiring bertambahnya usia, manusia cenderung semakin takut mengambil risiko mencoba hal baru.

Alasannya takut gagal. Penulis John Gardner menulis dalam Self-Renewal,  mengatakan, “Gagal juga dibayar dengan harga yang mahal. Hal yang gagal merupakan hambatan yang besar. Namun, tak ada pembelajaran tanpa kesulitan. Jika ingin belajar menjadi lebih baik, pertaruhkan kegagalan.

Nah,  saat kamu muda, belajarlah banyak hal baru. Baik itu yang kamu sukai, atau bahkan kamu benci.

Jangan pernah berhenti mengasah keterampilan akan membuat mental kita tetap sehat. Ini akan berguna agar saat usia tua nanti kita tetap bisa sehat secara mental.

So, mulai sekarang kamu jangan takut gagal yah! (Sbg/Rig)

 

Comments