Smartphone kesayangan
Smartphone kesayangan kita tidak memiliki pendingin built in layaknya komputer sehingga cenderung cepat sekali panas atau overheating. (Sumber Foto: Towerfast.com

Sabigaju.com – Tentunya smartphone kesayangan adalah bagian penting dari beraktivitas sehari-hari.

Bukan hanya sebagai sekedar alat komunikasi,memiliki smartphone juga sudah berguna sebagai salah satu alat untuk bekerja.

Namun, smartphone kesayangan kita tidak memiliki pendingin built in layaknya komputer sehingga cenderung cepat sekali panas atau overheating. Ketika terjadi demikian, kinerja smartphone pun cenderung melambat.

Lalu, apakah sebenarnya pemicu utama yang membuat smartphone kesayangan kita mudah sekali panas?

BACA JUGA: Wajib! Tiga Aplikasi Supercool yang Mesti Ada di Smartphone Para Pria 

Terlalu Multitasking

Seringkali secara tidak sadar, kamu akan membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu. Terlebih jika kamu termasuk pengguna Android, yang sangat mudah untuk melakukan split screen.

Namun, rupanya melakukan multitasking pada smartphone justru akan membuat banyak aplikasi aktif dan dibiarkan terbuka.

Dengan demikian, smartphone-mu otomatis akan bekerja secara ekstra dan suhu yang dihasilkan menjadi semakin cepat panas.

BACA JUGA: Aplikasi Smartphone yang Bisa Buat Hidupmu Lebih Sehat 

Memiliki Pengaturan Smartphone yang Kurang Optimal

Pengaturan smartphone rupanya dapat memengaruhi seberapa banyak energi yang akan kamu gunakan.

Contohnya, jika kamu menggunakan smartphone dengan brightness yang terlalu tinggi serta memanfaatkan animated wallpaper tentu akan cenderung membuat perangkat smartphone-mu menjadi semakin cepat panas.

Belum lagi jika kamu memiliki banyak widget yang terpasang di smartphone kesayangan kamu.

BACA JUGA: Lima Alasan Mengapa Si Dia Tidak Membalas Chat Kamu

Terpapar Sinar Matahari atau Udara yang Terlalu Panas

Tanpa diduga, faktor eksternal rupanya juga mampu memicu smartphone cepat menjadi panas atau overheating. Salah satu contohnya adalah ketika kamu memilih untuk meninggalkan smartphone dalam mobil yang mati serta terpapar sinar matahari.

Setelahnya, smartphone-mu akan menjadi sangat panas dan terasa seperti mau meledak karena sebagian besar komponen smartphone kesayangan kamu terbuat dari logam yang mampu menyerap panas.

BACA JUGA: Produk Apple Banyak Bermasalah, Masih Patut Jadi Unggulan? 

Menggunakan Smartphone Ketika Sedang Mengisi Daya

Rupanya kebiasaan tetap menggunakan smartphone saat sedang mengisi daya bukanlah merupakan kebiasaan yang baik. Ketika kamu sedang mengisi daya, sebaiknya kamu tidak menggunakan smartphone-mu terlebih dahulu.

Hal ini bukan karena baterai smartphone-mu yang mudah rusak, tetapi justru karena smartphone kesayangan kamu cenderung rentan panas.

Selain itu, penggunaan smartphone ketika tengah mengisi daya membuat proses pengisian daya menjadi cenderung lebih lama daripada biasanya. (Sbg/Vania)

Comments