Memanaskan Makanan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Momen perayaan Tahun baru biasanya menyisakan banyak makanan. Kalau dibuang sayang. Dan memanaskan makanan pun jadi langkah sebelum dikonsumsi

Memanaskan makanan , sebenarnya wajar-wajar saja dilakukan. Selain agar hangat dan enak, hal ini dilakukan agar tidak mubazir.

Namun kenyataannya tidak semua jenis makanan yang dipanaskan kembali, aman untuk dikonsumsi. Dan sebaiknya kamu tidak, memanaskan makanan berikut ini karena akan menjadi racun:

1. Seledri

Sebaiknya kamu jangan Memanaskan makanan yang mengandung seledri  sisa perayaan Tahun Baru.

Seledri umumnya digunakan sebagai salah satu varian di dalam semangkuk sup. Sayur ini kaya akan nutrisi. Namun nutrisi tersebut akan sirna kandungannya apabila dipanaskan kembali.

Selain itu, kadar racunnya akan meningkat tajam. Karenanya, disarankan untuk menyingkirkan dulu daun seledrinya sebelum memanaskan kembali sup-nya.

BACA JUGA: Biar Nggak Bad Mood, Waspadai Sederet Kuliner Ini

2. Telur

Telur adalah kuliner yang

memanaskan makanan  telur akan menjadi sangat beracun ketika dikonsumsi kembali.

Namun, apabila telur yang dimaksud merupakan bahan (ingredient) dari makanannya, maka makanan yang berbahan dasar telur tersebut, seperti kue oke-oke saja.

3. Bayam

Sering banget kita mendengar nenek atau ibu yang mengatakan  untuk tidak memanaskan sayur bayam.

Hal itu memang benar adanya. Karena kandungan nitrat di bayam akan menjadi nitrit ketika dipanaskan. Apabila dikonsumsi, nitrit akan memberikan efek karsinogenetis yang sangat berbahaya bagi tubuh.

4. Jamur

Dari semua makanan yang ada, jamur kerap disarankan untuk tidak dipanaskan kembali. Bahkan menurut penelitian, lebih baik kita makan saja dingin-dingin. Toh, rasanya juga tetap enak.

Apabila nekad dipanaskan, siap-siaplah untuk bermasalah di bagian pencernaan.

BACA JUGA: Dampak Mengerikan Terlalu Sering Menyantap Kuliner Ayam 

5. Ayam

Pasti masih banyak dari kita yang suka memanaskan makanan  berupa ayam sisa perayaan  Tahun Baru. Well, kami sarankan untuk hentikan kebiasaan ini.

Ketika dipanaskan balik, seluruh protein yang ada di dalamnya akan berubah dengan sangat signifikan. Selain itu, akan membuat asam lambung kita bermasalah besar.

Apabila memang harus dipanaskan kembali, panaskanlah di suhu yang rendah. Namun sebaiknya, konsumsilah dalam keadaan seperti sebelumnya saja.

Kentang

Direbus atau digoreng, tak dipungkiri kentang merupakan panganan yang lezat banget untuk dimakan. Namun ingat! Jangan sekali-sekali kamu panaskan balik makanan ini.

Selain akan menjadi beracun, seluruh nutrisi penting di dalam tubuhnya akan langsung sirna seketika.

BACA JUGA: Kuliner Nikmat yang Harus Dikonsumsi Biar Tulang Jadi Kuat

7. Bit

Sayur mirip lobak ini mungkin tak banyak yang mengkonsumsinya. Namun apabila kamu adalah salah satu konsumennya, sangat disarankan untuk tidak memanaskan makanan ini

Apabila kamu memanaskan makanan ini, dapat dipastikan kamu akan mengalami berbagai macam masalah kesehatan terutama, pencernaan. (Sbg/Rig)

Comments